Pengaruh Kemampuan Literasi Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel Kelas XI IPA SMAN 2 Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023

Nurfarida, Kurnia (2022) Pengaruh Kemampuan Literasi Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel Kelas XI IPA SMAN 2 Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Kurnia Nurfarida_T20178061.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kurnia Nurfarida, 2022: Pengaruh Kemampuan Literasi Digital terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sel Kelas XI IPA SMAN 2 Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023.
Era Digital merupakan era di mana semakin pesatnya perkembangan dan persaingan teknologi di dunia, terutama dunia pendidikan. Salah satu pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran adalah dengan memanfaatkan platform digital sebagai media literasi atau dapat disebut dengan literasi digital. Dengan literasi digital siswa dapat mempelajari materi pembelajaran yang dapat di visualisasikan dalam berbagai format atau bentuk yang lebih dinamis dan interaktif sehingga siswa dapat termotivasi untuk terlibat lebih jauh dalam proses pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana tingkat kemampuan literasi digital siswa pada materi Sel kelas XI IPA di SMAN 2 Bondowoso tahun pelajaran 2022/2023?, (2) Bagaimana tingkat hasil belajar siswa pada materi Sel kelas XI IPA di SMAN 2 Bondowoso tahun pelajaran 2022/2023?, (3) Adakah pengaruh kemampuan literasi digital siswa terhadap hasil belajar siswa pada materi Sel kelas XI IPA di SMAN 2 Bondowoso tahun pelajaran 2022/2023?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui tingkat kemampuan literasi digital siswa pada materi Sel kelas XI IPA di SMAN 2 Bondowoso tahun pelajaran 2022/2023, (2) Untuk mengetahui tingkat hasil belajar siswa pada materi Sel kelas XI IPA di SMAN 2 Bondowoso tahun pelajaran 2022/2023, (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan literasi digital siswa terhadap hasil belajar siswa pada materi Sel kelas XI IPA di SMAN 2 Bondowoso tahun pelajaran 2022/2023.
Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal, instrumen yang digunakan berupa angket atau kuesioner dan soal post test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 2 Bondowoso tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 239 dengan mengambil sampel 150 dari populasi siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana.
Adapun hasil penelitian menyatakan bahwa (1) Tingkat kemampuan literasi digital siswa kelas XI IPA di SMAN 2 Bondowoso dinyatakan dalam kategori tinggi yaitu sebesar 57%. (2) Tingkat hasil belajar siswa pada materi sel kelas XI IPA di SMAN 2 Bondowoso dinyatakan dalam kategori tinggi yaitu sebesar 79,8%. (3) Kemampuan literasi digital siswa mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi sel kelas XI IPA di SMAN 2 Bondowoso dan dapat menyebabkan peningkatan hasil belajar biologi pada materi sel sebesar 45,9% yang tergolong dalam kategori “Sedang”. Hal ini dibuktikan dari hasil yang diperoleh yaitu Thitung (9,510) > Ttabel (1,68918) dan nilai signifikansi (0,000) < (0,05) maka H0 di tolak dan H1 diterima, artinya kemampuan literasi digital mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi Sel kelas XI IPA di SMAN 2 Bondowoso tahun pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Kemampuan Literasi Digital, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100599 Communications Technologies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Kurnia Nurfarida
Date Deposited: 13 Jan 2023 09:06
Last Modified: 13 Jan 2023 09:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17446

Actions (login required)

View Item View Item