Perlindungan Hukum Bagi Pencipta Karya Sinematografi Terhadap Pelanggaran Hak Cipta dari Kegiatan Streaming dan Download Gratis Pada Website Illegal.

Fanani, Hikal (2023) Perlindungan Hukum Bagi Pencipta Karya Sinematografi Terhadap Pelanggaran Hak Cipta dari Kegiatan Streaming dan Download Gratis Pada Website Illegal. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
Skripsi Watermark.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Hikal Rifky Fanani, 2022. Perlindungan Hukum Bagi Pencipta Karya Sinematografi Terhadap Pelanggaran Hak Cipta dari Kegiatan Streaming dan Download Gratis Pada Website Illegal. Dibimbing oleh Dr. Busriyanti, M. Ag.
Perkembangan dalam dunia teknologi telah kita rasakan bersama, khususnya dalam program komputer dan internet yang semakin hari dengan pesatnya berkembang yang telah memberi dampak luar biasa terhadap hukum yang terkhusus dalam kaitannya dengan hak cipta. Kini perkembangan tersebut sudah memasuki pada era Internet of things yang ternyata bukan hanya membawa kabar baik untuk peradaban manusia, melainkan turut membawa modus dan media baru bagi para oknum pelanggar hak cipta di bidang sinematografi. Pelanggaran tersebut yaitu berupa penggandaan karya cipta sinematografi secara illegal dengan tujuan memperkaya oknum-oknum tertentu dan dilkaukan tanpa memiliki izin dari pemegang hak cipta.
Adapun yang menjadi fokus peneliti dalam melakukan penelitian ini terdapat dua fokus penelitian, 1. Bagaimana konsekuensi hukum dari kegiatan streaming dan download film gratis di website ilegal berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta? 2. Bagaiamana pelaksanaan perlindungan hukum, hak moral, dan hak ekonomi bagi pemegang hak cipta atas sinematografi dalam streaming dan download gratis di website ilegal?
Tujuan penelitian ini untuk, 1. Mendeskripsikan mengenai konsekuensi hukum dari kegiatan streaming dan download film gratis di website ilegal berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta. 2. Untuk mendeskripsikan mengenai pelaksanaan perlindungan hukum, hak moral, dan hak ekonomi bagi pemegang hak cipta atas sinematografi dalam streaming dan download gratis di website ilegal.
Metode penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah berjenis library research atau (studi kepustakaan) yang menggunakan pendekatan atau pendekatan undang-undang dan atau pendekatan konsep. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu terdiri dari tiga komponen utama yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Maka hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Berdasarkan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta, pemilik hak cipta atas karya sinematografi memimiki perlindungan yang sudah dijamin atas pelanggaran hak cipta streaming dan download gratis pada website illegal. 2. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta, pemilik hak cipta juga dijamin atas hak moral, hak ekonomi yang dapat mereka gugat nantiinya ketika kedapatan kasus pelanggaran hak cipta.

Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Hak Cipta, Sinematografi, Streaming dan Download Gratis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180115 Intellectual Property Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Mr. Hikal Fanani
Date Deposited: 16 Jan 2023 03:22
Last Modified: 16 Jan 2023 03:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17461

Actions (login required)

View Item View Item