PEMOTONGAN UPAH GURU HONORER UNTUK ASURANSI BPJS KESEHATAN PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH DI KABUPATEN JEMBER

Ning Zulfa, Majidah (2022) PEMOTONGAN UPAH GURU HONORER UNTUK ASURANSI BPJS KESEHATAN PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH DI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI NING ZULFA FULL WATERMARK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas persoalan pemotongan upah guru honorer melalui keputusan Bupati kabupaten Jember. Meninjau dari aspek hak dan kewajiban pemerintah dalam melindungi guru honorer yang dinilai melalui maslahah mursalahah sehingga menemukan suatu pembaharuan pemikiran dan penilaian atas fenomena yang terjadi.
Fokus pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana praktik pemotongan upah untuk BPJS kesehatan terhadap guru honorer di Kabupaten Jember? 2) Bagaimana problematika praktik pemotongan upah guru honorer BPJS kesehatan di Kabupaten Jember? 3) Bagaimana perspektif maslahah mursalah pada praktik pemotongan upah guru honorer BPJS kesehatan di Kabupaten Jember?. Penelitian ini memiliki tujuan utama untuk menilai kebijakan tersebut dengan konsep hukum maslahah mursalah sebagai pisau analisis terhadap fenomena.
Penelitian ini menggunakan metode yuridis empiris dengan pendekatan sosiologi hukum. Sumber data dalam penelitian terbagi menjadi data primer yaitu melalui studi lapangann dengan wawancara dan dokumentasi kemudian data sekunder menggunakan data penelitian sebelumnya baik berupa peraturan perundang-undangan, buku, artikel dan pendukung lain yang sah.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Praktik pemotongan upah telah dilakukan terhadap guru honorer di kabupaten Jember dilakukan dengan pemotongan otomatis setiap bulannya dengan besaran sesuai dengan surat keputusan Bupati Jember 2) Problematika yang terjadi dalam pemotongan upah tersebut adalah adanya ketidaksamaan upah yang didapat, namun iuran yang disetorkan sama. Selain itu, pembayaran iuran ditanggung sepenuhnya oleh guru honorer 3) Menilai kemaslahatan dalam pemotongan upah ini tergantung pada objek hukum yaitu guru honorer yang pada praktiknya telah menerima kebijakan ini dengan baik dan secara normatif telah memenuhi unsur maslahah mursalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180104 Civil Law and Procedure
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180105 Commercial and Contract Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ning Zulfa Majidah
Date Deposited: 14 Jan 2023 08:21
Last Modified: 14 Jan 2023 08:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17469

Actions (login required)

View Item View Item