Implementasi Metode Resitasi Individu dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqh di MTsN 5 Banyuwangi

NIng Tia, Shinta Maghfiroh (2022) Implementasi Metode Resitasi Individu dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqh di MTsN 5 Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SHINTA MAGHFIROH NING TIA_T20181219.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci: Metode resitasi individu, Hasil belajar pembelajaran fiqh
Pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas. Tingkat pengetahuan agama di MTsN 5 Banyuwangi antara siswa satu dengan siswa lainnya beragam, ada siswa yang sudah sangat baik mengenal, memahami, menghayati, dan berakhlak mulia dalam pengalaman ajaran agama Islam yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadist. Salah satu metode yang diterapkan dalam melibatkan siswa secara aktif, guna meningkatkan hasil belajar adalah menggunakan metode resitasi. Metode resitasi individu yaitu pemberian tugas secara perseorangan.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi metode resitasi individu dalam meningkatkan pengetahuan siswa pada mata pelajaran fiqh di MTsN 5 Banyuwangi?. 2) Bagaimana implementasi metode resitasi individu dalam meningkatkan sikap siswa pada mata pelajaran fiqh di MTsN 5 Banyuwangi?. 3) Bagaimana implementasi metode resitasi individu dalam meningkatkan keterampilan motorik siswa pada mata pelajaran fiqh di MTsN 5 Banyuwangi?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui implementasi metode resitasi individu dalam meningkatkan pengetahuan siswa pada mata pelajaran fiqh di MTsN 5 Banyuwangi. 2) Untuk mengetahui implementasi metode resitasi individu dalam meningkatkan sikap siswa pada mata pelajaran fiqh di MTsN 5 Banyuwangi. 3) Untuk mengetahui implementasi metode resitasi individu dalam meningkatkan keterampilan motorik siswa pada mata pelajaran fiqh di MTsN 5 Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan yang bersifat kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam skripsi ini melalui beberapa cara yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Metode resitasi individu dapat meningkatkan pengetahuan siswa pada mata pelajaran fiqh di MTsN 5 Banyuwangi. Pengetahuan yang dimaksud yang berupa memahami, mengevaluasi, membedakan, mengingat, dan mengaplikasikan. 2) Metode resitasi individu dapat meningkatkan sikap siswa pada mata pelajaran fiqh di MTsN 5 Banyuwangi. Sikap yang dimaksud adalah tanggungjawab, dan mandiri. 3) Metode resitasi individu dapat meningkatkan keterampilan motorik siswa pada mata pelajaran Fiqh di MTsN 5 Banyuwangi. Keterampilan yang dimaksud adalah peniruan, penekanan, dan naturalisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Shinta Maghfiroh Ning Tia
Date Deposited: 16 Jan 2023 00:35
Last Modified: 16 Jan 2023 00:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17485

Actions (login required)

View Item View Item