Implementasi Metode Al-Miftah Lil-Ulum Sidogiri dalam Membaca Kitab Kuning di MA Al-Maliki Lumajang Tahun Ajaran 2022/2023

Mukaromah, Wahibatul (2022) Implementasi Metode Al-Miftah Lil-Ulum Sidogiri dalam Membaca Kitab Kuning di MA Al-Maliki Lumajang Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Sidiiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI WAHIBATUL FIX EDIT WATERMARK.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Wahibatul Mukaromah, 2022 : Implementasi Metode Al-Miftah Lil-Ulum Sidogiri dalam Membaca Kitab Kuning di Madrasah Aliyah Al-Maliki Lumajang Tahun Ajaran 2020/2021.
Kata Kunci : Metode Al-Miftah Lil-Ulum, Kitab Kuning.
Penerapan Metode Al-Miftah Lil Ulum merupakan penerapan yang sangat penting di gunakan para murid agar dapat membaca kitab kuning dalam kurun waktu kurang dari satu tahun pelajaran .Siswa yang mengikuti metode Al-Miftah Lil-Ulum ini diharapkan mampu membaca kitab kuning gundulan dengan memperhatikan kaidah-kaidah nahwu dan sharaf. Tidak hanya membaca saja, diharapkan juga mampu menyebutkan dalil-dalil dari susunan kalimatnya sesuai dengan nadzam dan keterangan yang ada di kitab Al-Miftah Lil-Ulum.
Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran kitab kuning dengan menggunakan metode al-miftah lil-lum dalam membaca kitab kuning di MA Al-Maliki Lumajang tahun ajaran 2022/2023, 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab kuning dengan menggunakan metode al-miftah sidogiri di MA-Al-Maliki Lumajang tahun ajaran 2022/2023, 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran kitab kuning dengan mengunakan metode al-miftah sidogiri di MA Al-Maliki Lumajang tahun ajaran 2022/2023.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan : 1) Perencanaan pembelajaran kitab kuning dengan menggunakan metode al-miftah lil-ulum sidogiri di MA Al-Maliki Lumajang, 2) Pelaksanaan pembelajaran kitab kuning dengan mrnggunakan metode al-miftah lil-ulum sidogiri di MA Al-Maliki Lumajang, 3) Evaluasi pembelajaran kitab kuning dengan menggunakan metode al-miftah lil-ulum sidogiri di MA Al-Maliki Lumajang.
Adapun pendekatan penelitian dalam skripsi ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian adalah di MA Al-Maliki Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang. Metode pengambilan subyek penelitian menggunakan metode purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan dekripsi kualitatif dengan model intraktif milles huberman dan saldana, kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil penelitian yang didapat penulis, yaitu : 1) Perencanaan pembelajaran kitab kuning dengan menggunakan metode Al-Miftah lil-ulum sidogiri adalah a. diawali dengan membuat program jurnal mengajar, b. merumuskan tujuan pembelajaran kitab kuning, c. menentukan materi pelajaran, d. menentukan metode pembelajaran kitab kuning, e. mengadakan placement test, f. menentukan alokasi jam pelajaran, g. menentukan media pembelajaran. 2) Pelaksanaan pembelajaran kitab kuning dengan mrnggunakan metode al-miftah lil-ulum sidogiri adalah a. Kegiatan Pendahuluan meliputi pembacaan nazhaman, mengucapkan salam dan memimpin do’a, guru mengecek kehadiran siswa, guru menyuruh siswa mengisi tempat yang kosong di depan dan guru menjelaskan secara singkat materi yang sudah di pelajari sebelumnya. b. Kegiatan Inti meliputi guru menjelaskan materi pelajaran, guru memberi kesempatan siswa untuk bertaya, guru membuat kelompok belajar. c. kegiatan Penutup meliputi yaitu guru menyimpulkan materi, guru memotivasi siswa untuk selalu menyempatkan diri membaca kitab kuning walau Cuma 5 baris dan membaca do’a bersama. 3) Pada proses evaluasi pembelajaran kitab kuning dengan menggunakan metode al-miftah lil-ulum sidogiri adalah dengan evaluasi yang di laksanakan sebelum tahun ajaran baru, dan ada juga evalusi yang di laksanakan setiap mingguan dan akhir semester. Adapun evaluasi dengan cara diadakannya tes tulis dan tes lisan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 03 CHEMICAL SCIENCES > 0301 Analytical Chemistry > 030101 Analytical Spectrometry
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mukaromah Wahibatul
Date Deposited: 14 Jan 2023 06:31
Last Modified: 14 Jan 2023 06:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17487

Actions (login required)

View Item View Item