PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN YAYASAN MATAHARI BANYUWANGI

Abdul Faruk, Muhammad (2023) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN YAYASAN MATAHARI BANYUWANGI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MUHAMMAD ABDUL FARUK NIM D20185035 SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Karyawan
Gaya kepemimpinan merupakan karakteristik yang dipilih dan digunakan pimpinan dalam mempengaruhi pemikiran, perasaan, dan tingkah laku para karyawan. Motivasi kerja akan mencapai hasil yang optimal jika gaya kepemimpinan yang diterapkan pimpinan baik dan tepat kepada karyawan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap motivasi kerja karyawan Yayasan Matahari Banyuwangi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk dapat mengetahui ada tidaknya pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap motivasi kerja karyawan Yayasan Matahari Banyuwangi.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif, populasi dari penelitian ini adalah 34 karyawan Yayasan Matahari Banyuwangi dengan sampel penelitian mengambil seluruh karyawan Yayasan Matahari Banyuwangi. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket/kuesioner. Analisis data penelitian ini yaitu analisis deskriptif, dan teknik yang digunakan uji asumsi klasik dan uji regresi linier sederahana.
Hasil dari penelitian ini adalah diperoleh nilai signifikansi regresi adalah sebesar 0,000. Oleh karena itu 0,000 < 0,05 dan diketahui bahwa nilai t hitung adalah sebesar 6,762, sedangkan t tabel dalam penelitian ini adalah 2,036 dengan dasar pengambilan t tabel menggunakan rumus t (a/2 : n-k-1) sehingga ditemukan nilai 2,036. Oleh karena 6,762 > 2,036 berarti bahwa t hitung > t tabel, maka gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh terhadap motivasi kerja karyawan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170107 Industrial and Organisational Psychology
Depositing User: Mr Muhammad Abdul Faruk Faruk
Date Deposited: 14 Jan 2023 08:12
Last Modified: 14 Jan 2023 08:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17489

Actions (login required)

View Item View Item