Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gallery Walk terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Virus Kelas X di MA Syarifuddin Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023

Lailiyah, Nisfiyatul (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gallery Walk terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Virus Kelas X di MA Syarifuddin Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nisfiyatul Lailiyah_T20188112.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci: Gallery Walk, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.
Guru memiliki kewajiban untuk menciptakan suasana belajar dan pembelajaran yang mendukung dan efektif supaya siswa dapat belajar dengan baik. Salah satu faktor yang mendukung tercapainya tujuan pembelajaran adalah penggunaan model pembelajaran yang memacu siswa untuk belajar secara aktif. Untuk itu, model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk menjadi alternatif yang tepat untuk diterapkan dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan motivasi belajar siswa sesudah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk pada materi virus kelas X di MA Syarifuddin Lumajang tahun pelajaran 2022/2023. 2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa sesudah penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe gallery walk pada materi virus kelas X di MA Syarifuddin Lumajang tahun pelajaran 2022/2023. 3) Mengetahui adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk terhadap motivasi belajar siswa pada materi virus kelas X di MA Syarifuddin Lumajang tahun pelajaran 2022/2023. 4) Mengetahui adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk terhadap hasil belajar siswa pada materi virus kelas X di MA Syarifuddin Lumajang tahun pelajaran 2022/2023.
Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif jenis quasi experimental design tipe nonequivalent group post-test only design. Populasi penelitian mencakup siswa kelas X MA Syarifuddin Lumajang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga didapatkan sampel kelas X A 2 sebagai kelas eksperimen dan X A 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji T.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Skor rata-rata motivasi belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. 2) Nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk terhadap motivasi belajar siswa pada materi virus kelas X di MA Syarifuddin Lumajang tahun pelajaran 2022/2023. 4) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk terhadap hasil belajar siswa pada materi virus kelas X di MA Syarifuddin Lumajang tahun pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Nisfiyatul L Lailiyah
Date Deposited: 16 Jan 2023 00:43
Last Modified: 16 Jan 2023 00:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17497

Actions (login required)

View Item View Item