BIMBINGAN PRA NIKAH BAGI CALON PENGANTIN DI KANTOR URUSAN AGAMA SUMBERSARI

Haris, Malik Ibrahim and Hefni, Wildan (2022) BIMBINGAN PRA NIKAH BAGI CALON PENGANTIN DI KANTOR URUSAN AGAMA SUMBERSARI. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
MALIK IBRAHIM HARIS_S20181065 .pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Malik Ibrahim Haris, 2022: Bimbingan Pra Nikah Bagi Calon Pengantin Di Kantor Urusan Agama Sumbersari.

Kata Kunci : Bimbingan Pra Nikah, Calon Pengantin, Kantor Urusan Agama

Bimbingan pra nikah ialah progam khusus kepada calon pengantin untuk memberikan bekal dan pemahaman guna membangun rumah tangga yang sakinah. Pelaksanaan bimbingan pra nikah di KUA Sumbersari tidak bisa terlaksana secara baik karena waktu dan peserta yang mengikuti ini terbatas, sehingga banyak dari calon pengantin yang tidak mengikuti bimbingan pra nikah ini, begitupun ketika calon pengantin mengikuti progam ini, banyak dari mereka yang masih meremehkan akan bimbingan ini, sehingga masih diperlukan usaha untuk membuat bimbingan ini bisa diikuti semua calon pengantin dan bisa dilaksanakan secara baik.
Fokus penelitian ini memiliki dua fokus penelitian, 1) bagaimana pelaksanaan bimbingan pra nikah bagi calon pengantin di Kantor Urusan Agama Sumbersari, 2) Bagaimana Faktor pendukung dan penghambat dalam bimbingan pra nikah bagi calon pengantin di Kantor Urusan Agama Sumbersari.
Adapun tujuan dalam penelitian ini, diantaranya ialah, 1) untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bimbingan pra nikah bagi calon pengantin di Kantor Urusan Agama Sumbersari. 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam bimbingan pra nikah bagi calon pengantin di Kantor Urusan Agama Sumbersari.
Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode penelitian kualitatif yang berjenis penelitian lapangan (field research) bersifat yuridis empiris, dimana hukum bukan dikaji melalui norma sosial akan tetapi hukum dalam realita yang ada pada masyarakat atau sebuah gejala sosial masyarakat.
Penelitian ini memiliki hasil yakni, 1) pelaksanaan bimbingan pra nikah dilaksanakan selama 2 hari dengan total 8 jam pelajaran, dan peserta yang mengikuti hingga akhir berjumlah 16 orang, dan setelah mengikuti bimbingan pra nikah samapai selesai peserta mendapatkan sertfikat bimbingan pra nikah. 2) Faktor pendukung dalam bimbingan ini berupa fasilitas yang ada di KUA dan kerja sama KUA bersama pihak luar guna memberi edukasi kepada calon pengantin, dan faktor penghambat dalam bimbingan ini berasal dari peserta yang tidak hadir dan telat selama terlaksananya bimbingan pra nikah ini, kemudian waktu yang singkat dengan total 8 jam yang satu harinya 4 jam, menyebabkan materi yang disampaikan oleh fasilitator tidak tersampaikan secara baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012801 Pernikahan (Secara Umum)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012826 Bimbingan & Penyuluhan Pernikahan (Marital Counselling)
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: Mr. Malik Ibrahim Haris Haris
Date Deposited: 14 Jan 2023 09:08
Last Modified: 14 Jan 2023 09:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17504

Actions (login required)

View Item View Item