PENGARUH EKSPANSI USAHA, POLA KEMITRAAN DAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP KEBERHASILAN USAHA SALMAN AGRO FARM DI DESA ROWOSARI KECAMATAN SUMBERJAMBE KABUPATEN JEMBER

Ain, Hurin (2022) PENGARUH EKSPANSI USAHA, POLA KEMITRAAN DAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP KEBERHASILAN USAHA SALMAN AGRO FARM DI DESA ROWOSARI KECAMATAN SUMBERJAMBE KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hurin Ain_E20172245.pdf

Download (4MB)

Abstract

Hurin Ain, Dr. Khamdan Rifa’i, S.E., M.Si. 2022: Pengaruh Ekspansi Usaha, Pola Kemitraan dan Komunikasi Pemasaran Terhadap Keberhasilan Usaha Salman Agro Farm di Desa Rowosari Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember
Salman Agro Farm merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam usaha agrikultur yang berlokasi di Desa Rowosari Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember. Setiap usaha, pasti menginginkan usahanya mengalami peningkatan dan kemajuan seiring berjalannya waktu baik segi kualitas maupun kuantitas. Ekspansi usaha terjadi sebagai peningkatan kegiatan ekonomi dalam perusahaan dan diharapkan terwujud dalam kekuatan bisnis, keuntungan, akses ke teknologi dan munculnya pelanggan baru. Sinergi antar perusahaan sektor agrikultur dengan petani lokal merupakan implementasi dari pola kemitraan. Banyaknya perusahaan agrikultur saat ini tidaklah sedikit, oleh karena itu dibutuhkan media untuk menyebarluaskan informasi perusahaan dan produk kepada khalayak ramai melalui komunikasi pemasaran.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Apakah ekspansi usaha secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha Salman Agro Farm di Desa Rowosari Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember. (2) Apakah pola kemitraan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha Salman Agro Farm di Desa Rowosari Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember. (3) Apakah komunikasi pemasaran secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha Salman Agro Farm di Desa Rowosari Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember. (4) Apakah ekspansi usaha, pola kemitraan dan komunikasi pemasaran secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha Salman Agro Farm di Desa Rowosari Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar pengaruh ekspansi usaha, pola kemitraan dan komunikasi pemasaran terhadap keberhasilan usaha Salman Agro Farm di Desa Rowosari Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember baik secara parsial maupun secara simultan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan yang bekerja di Salman Agro Farm dengan jumlah sampel 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelian ini adalah wawancara, kuesioner (angket) dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji statistik deskriptif, uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi (R2).
Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa variabel ekspansi usaha (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha (Y) yang dapat ditunjukkan dengan T hitung > T tabel (2,606 > 2,055). Sedangkan pola kemitraan (X2) juga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha (Y) yang dapat ditunjukkan dengan T hitung > T tabel (4,314 > 2,055). Kemudian komunikasi pemasaran (X3) juga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha (Y) yang dapat ditunjukkan dengan T hitung > T tabel (4,367 > 2,055). Sedangkan secara simultan variabel ekspansi usaha, pola kemitraan dan komunikasi pemasaran berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha. Yang dapat ditunjukkan dengan nilai signifikansi F < 0,05 (0,000 < 0,05) dan F hitung > F tabel (34,140 > 2,96). Berdasarkan hasil uji determinasi (R2) sebesar 0,774 atau 77,4 % dan sisanya 22,6% dipengaruhi oleh variabel lainnya diluar model.
Kata Kunci: Ekspansi Usaha, Pola Kemitraan, Komunikasi Pemasaran dan Keberhasilan Usaha

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140201 Agricultural Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms HURIN AIN
Date Deposited: 16 Jan 2023 00:36
Last Modified: 16 Jan 2023 00:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17507

Actions (login required)

View Item View Item