IMPLEMENTASI KESETARAAN GENDER DI DALAM ORGANISASI IKATAN PELAJAR NAHDLATUL ULAMA (IPNU) DAN IKATAN PELAJAR PUTRI NAHDLATUL ULAMA (IPPNU) KECAMATAN PUJER UNTUK MENINGKATKAN SELF-CONCEPT PADA DIRI REMAJA

Safira, Elia Rizky (2023) IMPLEMENTASI KESETARAAN GENDER DI DALAM ORGANISASI IKATAN PELAJAR NAHDLATUL ULAMA (IPNU) DAN IKATAN PELAJAR PUTRI NAHDLATUL ULAMA (IPPNU) KECAMATAN PUJER UNTUK MENINGKATKAN SELF-CONCEPT PADA DIRI REMAJA. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Elia Rizky Safira - D20183010.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Elia Rizky Safira, 2023 : Implementasi Kesetaraan Gender Di Dalam Organisasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Pujer Untuk Meningkatkan Self-Concept Pada Diri Remaja.

Kata Kunci : Imlementasi Kesetaraan Gender, Self-Concept, Remaja
Pemahaman terkait kesetaraan gender dan konsep gender masih samar dikalangan masyarakat. Sehingga tidak jarang hal itu berdampak pada individu maupun kelompok tertentu. Salah satunya pada beberapa remaja yang membuat konsep diri para remaja cenderung negatif. Akan tetapi dari masalah ini, terdapat sebuah organsasi keterpelajaran di tengah masyarakat yang mengimplementasikan kesetaraan gender. Hal inilah yang menarik perhatian peneliti untuk mengkaji implementasi kesetaraan gender di oganisasi tersebut dalam meningkatan self-concept pada diri remaja.
Fokus penelitian ialah : 1) Bagaimana bentuk implementasi kesetaraan gender yang ada di organisasi PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Pujer ?, 2) Apakah implementasi kesetaraan gender yang ada di organisasi PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Pujer dapat maningkatkan konsep diri pada remaja ?, 3) Apa saja tantangan organisasi PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Pujer dalam mengimplementasi kesetaraan gender ?. Tujuan penelitian ialah : 1) Mendeskripsikana implementasi kesetaraan gender yang ada di organisasi PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Pujer, 2) Mengetahui hasil dari bentuk implementasi kesetaraan gender yang ada di organisasi PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Pujer untuk meningkatkan konsep diri pada remaja, 3) Mengetahui tantangan yang dihadapi organisasi PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Pujer dalam mengimplementasikan kesetraan gender.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan jenis penelitian study kasus yang bersifat deskriptif kuailitatif. Subjek penelitiannya menggunakan porposive. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisi data melalui tiga tahap yakni, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menngunakan triangulasi sumber dan trianguasi teknik.
Adapun hasil dari penelitian ini ialah, 1) adanya kondisi yang setara antara laki-laki dan perempuan dengan digabungnya kedua organisasi dalam bekerjasama yang menumbuhkan rasa saling membantu dan membutuhkan. 2) konsep diri para remaja meningkat setelah aktif menjadi anggota organisasi dengan melihat lima komponen konsep diri yang ada pada diri remaja. 3) tantanga dari internal adalah konsep diri anggota yang masih rendah dan anggota menyalahgunakan kesempatan untuk kepentingannya sendiri serta tantangan dari internal adalah minimnya pengetahuan masyakarat kepada organisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170105 Gender Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ms Perpustakaan Elia Rizky Safira
Date Deposited: 17 Jan 2023 02:28
Last Modified: 17 Jan 2023 02:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17508

Actions (login required)

View Item View Item