HUBUNGAN ANTARA STRES AKADEMIK DENGAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI BARU DI PONDOK PESANTREN AL IMARAH

Ulfah El Shufiyah, Fina (2023) HUBUNGAN ANTARA STRES AKADEMIK DENGAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI BARU DI PONDOK PESANTREN AL IMARAH. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI_FINA_revisi_3.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Fina Ulfah El Shufiyah, Fuadatul Huroniyah, 2022: Hubungan Stres Akademik
dengan Motivasi Belajar Santri Baru (Studi Kasus Siswa MA Al Imarah
Bajulmati Wongsorejo Banyuwangi)
Kata Kunci: Stres Akademik, Motivasi Belajar, Santri
Stres akademik merupakan suatu keadaan di mana siswa terlalu banyak
memiliki tekanan-tekanan selama proses belajarnya sehingga apabila tidak dapat
menanganinya dengan hal positif akan berpengaruh pada tingkat prestasi, kondisi
fisik serta psikis yang dimilikinya. Motivasi belajar merupakan suatu dorongan
yang membuat individu bergerak untuk terus belajar demi mencapai tujuan
pembelajaran yang diharapkan. Individu yang mengalami stres akademik salah
satu gejala yang dilihat adalah menurunnya prestasi disekolah. Dengan
menurunnya prestasi sekolah memiliki kemungkinan motivasi belajar yang
dimiliki rendah. Motivasi belajar yang rendah salah satunya dapat dipengaruhi
oleh faktor eksternal yakni banyaknya tekanan belajar dan tekanan pola hidup dari
lingkungan sekitar sehingga mengakibatkan individu menjadi tidak memiliki
dorongan/ semangat dalam proses belajar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif non parametric dengan
tujuan menguji hipotesis yang telah diterapkan yakni melihat hubungan antara
stres akademik dengan motivasi belajar santri baru di pondok pesantren Al
Imarah. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, skala stres
akademik, skala motivasi belajar dan dokumentasi. Subyek penelitian ditentukan
menggunakan total sampling sebanyak 39 responden yang merupakan santri baru
tingkat MA kelas X IPA. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat
menggunakan deskripsi frekuensi untuk mendeskripsikan karakteristik responden
dan distribusi frekuensi tiap variabel serta analisis bivariate menggunakan rank
sparman untuk menguji hipotesis yang telah ditentukan.
Berdasarkan analisis data diperoleh terdapat hubungan yang signifikan
antara stres akademik dengan motivasi belajar santri baru siswa MA Al Imarah
Bajulmati Wongsorejo Banyuwangi. Hal ini terbukti dengan nilai sig yang
diperoleh yaitu 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan.
Koefisien yang dihasilkan menunjukkan hubungan kedua variabel kuat yaitu
sebesar 0,752** dengan taraf korelasi signifikan sebesar 5% dan arah hubungan
yang dihasilkan negatif yang artinya apabila stres akademik rendah maka motivasi
belajar tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Fina Ulfah El Shufiyah Fina
Date Deposited: 14 Jan 2023 04:51
Last Modified: 14 Jan 2023 04:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17519

Actions (login required)

View Item View Item