BIMBINGAN KONSELING SELF MANAGEMENT PADA SANTRI PENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN (PPTQ) DARUL ISTIQOMAH (MANGLI-JEMBER)

Fitriana, Alifiah (2023) BIMBINGAN KONSELING SELF MANAGEMENT PADA SANTRI PENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN (PPTQ) DARUL ISTIQOMAH (MANGLI-JEMBER). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ALIFIAH FITRIANA_D20183012.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Alifiah Fitriana, 2022: Bimbingan Konseling Self Management Pada Santri Penghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Darul Istiqomah.

Kata Kunci: Bimbingan Konseling Self Management, Penghafal Al-Qur’an.
Seorang yang menghafal Al-Qur’an pasti memiliki permasalahan dalam menghafal Al-Qur’an, baik permasalahan dari diri sendiri atau lingkungan sekitar kurang mendukung. Permasalahan yang sering dihadapi adalah kurang dapat mengontrol diri dari perilaku yang kurang baik serta kurang memenuhi syarat yang ada. Problematika ini memerlukan bantuan, dan bantuan yang diberikan ialah bimbingan konseling self management agar seorang yang menghafal Al-Qur’an dapat mengontrol diri sehingga dapat menyelesaikan permasalahan dan memenuhi target hafalan.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana proses bimbingan konseling self management pada santri penghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Darul Istiqomah? 2) Apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan bimbingan konseling self management pada Santri Penghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Darul Istiqomah? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan proses bimbingan konseling self management pada santri penghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Darul Istiqomah, 2) Memahami faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan bimbingan konseling self management pada santri penghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Darul Istiqomah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Subjek penelitian menggunakan purposive. Adapun teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selain itu, untuk menganalisis data penelitian peneliti menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Deskripsi hasil penelitian ini adalah: 1) Bimbingan konseling self management pada santri penghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Darul Istiqomah ada lima langkah yaitu identifikasi masalah, diagnosa, prognosa, treatmen menggunakan self management yang di dalamnya self monitoring, self reward, kontrak perjanjian dan penguasaan terhadap rangsangan atau termotivasi, dan langkah terakhir evaluasi 2) penghambat dalam bimbingan konseling ialah setting lokasi dan tempat yang ideal dalam bimbingan konseling, kurang disiplinnya konseli dalam mengikuti bimbingan konseling dan kurangnya keahlian dan kemampuan konselor dalam memberikan bimbingan konseling. Faktor pendukung bimbingan konseling ialah proses bimbingan konseling yang terstruktur dengan baik dan partisipasi konseli yang antusias dalam mengikuti bimbingan konseling.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ms Perpustakaan Alifiah Fitriana
Date Deposited: 14 Jan 2023 06:53
Last Modified: 14 Jan 2023 06:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17525

Actions (login required)

View Item View Item