KEBIJAKAN PEMERINTAH DESA DALAM MENGGALI POTENSI DESA GUNA MENINGKATKAN PENDAPATAN BADAN USAHA MILIK DESA PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 (Studi Kasus di Desa Ramban Kulon Kecamatan Cermee Kabupaten Bondowoso)

Fitriana, Ananda (2023) KEBIJAKAN PEMERINTAH DESA DALAM MENGGALI POTENSI DESA GUNA MENINGKATKAN PENDAPATAN BADAN USAHA MILIK DESA PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 (Studi Kasus di Desa Ramban Kulon Kecamatan Cermee Kabupaten Bondowoso). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Acmad Siddiq Jember.

[img] Text
WM nanda-1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci: Desa, Upaya Pemerintah, Badan Usaha Milik Desa

Menurut Pasal 87 Undang-Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014, desa memiliki kekuatan untuk membentuk Badan Usaha Milik Desa dengan semangat dan gotong royong untuk menjalankan usaha di bidang ekonomi atau memberikan pelayanan publik sesuai dengan undang-undang. Tentunya pemerintah desa harus melakukan upaya untuk meningkatkan pendapatan BUMDes yang ada di Desa Ramban Kulon. Penelitian ini akan menguraikan upaya yang dilakukan oleh pemerintah desa untuk mengembangkan BUMDes, serta alasan yang menghambat dan mendorong pertumbuhan tersebut.
Fokus masalah yang akan diteliti di dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana upaya pemerintah desa dalam menjaga dan mengembangkan potensi desa untuk meningkatkan Badan Usaha Milik Desa di desa Ramban Kulon? 2) Apa sajakah faktor yang menghambat dan mendukung dalam mengembangkan potensi desa untuk meningkatkan pendapatan Badan Usaha Milik Desa di desa Ramban Kulon?
Penulisan karya ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui upaya-upaya apa saja yang dilakukan oleh pemerintah desa dalam mengembangkan Badan Usaha Milik Desa di desa Ramban Kulon, 2) Dapat mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung dalam meningkatkan pendapatan Badan Usaha Milik Desa di desa Ramban Kulon.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif yang bersifat yuridis empiris yang berlokasi di Desa Ramban Kulon Kecamatan Cermee Kabupaten Bondowoso dengan jenis pendekatan penelitian Undang-Undang yakni UU Nomor 6 Tahun 2014, beserta pendekatan kasus dan kospetual. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa teknik pengumpulan data (observasi, wawancara, dokumentasi) beserta analisis data dan tahapan-tahapan penelitian.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Upaya-upaya yang dilaksanakan oleh pemerintah desa dalam meningkatkan pendapatan Badan Usaha Milik Desa masih terbilang kurang maksimal hal tersebut karena beberapa faktor, 2) Faktor-faktor penghambat dalam pengelolahan BUMDes desa Ramban Kulon yaitu: Kurangnya sosialisasi dari pemerintah desa kepada masyarakat, kurangnya partisipasi dan antusias masyarakat dalam memelihara BUMDesnya, Unit-Unit usaha tidak tepat sasaran, kurangnya evaluasi dan kontrol dari pemerintah desa, dan modal usaha sulit kembali. Faktor-faktor yang menjadi pendukung antara lain: 1) Tersedianya Modal BUMDes, 2) Adanya semangat dari pengurus BUMDes.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Miss Ananda Fitriana
Date Deposited: 19 Jan 2023 07:44
Last Modified: 19 Jan 2023 07:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17526

Actions (login required)

View Item View Item