BIMBINGAN KONSELING BERBASIS SPIRITUAL MELALUI TEKNIK PUNISHMENT DAN REWARD DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU DISIPLIN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NURUS SALAM WULUHAN JEMBER

Azlinda, Nor (2023) BIMBINGAN KONSELING BERBASIS SPIRITUAL MELALUI TEKNIK PUNISHMENT DAN REWARD DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU DISIPLIN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NURUS SALAM WULUHAN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
NOR AZLINDA-D20183046.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perilaku disiplin harus ditanamkan pada siswa sejak dini agar dapat melekat pada kepribadiannya sampai tumbuh dewasa. Kedisiplinan merupakan kunci kesuksesan. Namun pada kenyataannya dalam dunia pendidikan masih banyak siswa yang tidak mencerminkan hal tersebut. Tidak mengutamakan kedisiplinan dalam proses kegiatan belajar mengajar maupun dalam kegiatan lainnya. Bimbingan dalam menangani kedisiplinan sangat diperlukan untuk mereka, baik dalam menaati tata tertib maupun lainnya. Oleh karena itu perlu adanya metode dan teknik yang digunakan. Di SMP Nurus Salam menggunakan metode bimbingan berbasis spiritual melalui teknik punishment dan reward untuk menumbuhkan kesadaran dalam dirinya.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini yaitu: 1). Bagaimana Bentuk Bimbingan Konseling Berbasis Spiritual Melalui Teknik Punishment Dan Reward Di SMP Nurus Salam Wuluhan Jember? 2). Bagaimana Implementasi Bimbingan Konseling Berbasis Spiritual Melalui Teknik Punishment Dan Reward Dalam Pembentukan Perilaku Disiplin Siswa Di SMP Nurus Salam Wuluhan Jember?. Tujuan penelitian ini yaitu: 1). Untuk mendeskripsikan Bentuk Bimbingan Konseling Berbasis Spiritual Melalui Teknik Punishment Dan Reward Di SMP Nurus Salam Wuluhan Jember. 2). Untuk mendeskripsikan Implementasi Bimbingan Konseling Berbasis Spiritual Melalui Teknik Punishment Dan Reward Dalam Pembentukan Perilaku Disiplin Siswa Di SMP Nurus Salam Wuluhan Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian analisis deksriptif kualitatif. Subyek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis data Miles dan Huberman yang meliputi: kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusions drawing). Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil dari penelitian ini, yaitu: 1). Bentuk/metode yang diterapkan oleh guru BK SMP Nurus Salam Wuluhan dalam melakukan bimbingan berbasis spiritual pada peserta didik menggunakan: bentuk komunikasi langsung/ metode individual,bentuk tidak langsung, dan bentuk secara kelompok (ceramah). 2). Implementasi bimbingan konseling berbasis spiritual melalui teknik punishment dan reward dalam pembentukan perilaku disiplin siswa yaitu memberikan dampak perilaku disiplin kepada peserta didik dalam menaati tata tertib/peraturan di sekolah. Perilaku disiplin peserta didik ada peningkatan, dan berjalan cukup baik.

Kata Kunci: Bimbingan Konseling Spiritual, Punishment Dan Reward, Perilaku Disiplin

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Depositing User: Mrs. Nor Azlinda
Date Deposited: 14 Jan 2023 05:02
Last Modified: 14 Jan 2023 05:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17530

Actions (login required)

View Item View Item