UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK TUNARUNGU MELALUI KETERAMPILAN MERIAS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI BRANJANGAN JEMBER

Maghfiroh, Siti fatidatul (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK TUNARUNGU MELALUI KETERAMPILAN MERIAS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI BRANJANGAN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SITI FARIDATUL MAGHFIROH-D20183026.pdf

Download (2MB)

Abstract

Setiap manusia pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan pada dirinya begitupula pada anak tunarungu memiliki kekurangan dalam hal mendengar yang mengakibatkan sulit berbicara yang seringkali membuat tidak percaya diri dan minder dengan di berikannya keterampilan merias dapat menjadikan anak untuk tampil lebih percaya diri karena memiliki kelebihan dengan menggali potensinya yaitu dalam hal merias.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana proses untuk meningkatakan kepercayaan diri anak tunarungu melalui ketrampilan merias di Sekolah Luar Biasa Negeri branjangan?, 2. Apa kendala dalam meningkatakan kepercayaan diri anak tunarungu melalui ketrampilan merias di Sekolah Luar Biasa Negeri Branjangan Jember ?
Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1. Untuk mendeskripsikan proses pemberian keterampilan anak tunarungu melalui ketrampilan merias di SLB Negeri branjangan, 2. Untuk mengetahui dan mendeskripsikan kendala dalam meningkatkan kepercayaan diri melalui keterampilan merias pada anak tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri branjangan
Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dalam menentukan subjeknya menggunakan tekhnik purposive sampling, menggunakan tekhnik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam analisis data menggunakan tiga langkah yaitu, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan pada keabsahan data menggunakan 2 tekhnik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik.
Hasil penelitian ini adalah : 1. Proses pemberian keterampilan merias yaitu menggunakan dua metode yaitu metode demonstrasi dan metode eksperimen dengan tujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri 2. Kendala yang terjadi pada saat proses meningkatkan kepercayaan diri melalui keterampilan merias yaitu karakteristik yang berbeda beda setiap anak dalam satu kelas keterampilan, masalah dalam hal komunikas

Kata kunci : Kepercayaan diri, keterampilan merias, Tunarungu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Depositing User: Siti Faridatul Maghfiroh
Date Deposited: 16 Jan 2023 01:12
Last Modified: 16 Jan 2023 01:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17531

Actions (login required)

View Item View Item