TERAPI BERMAIN MERONCE UNTUK MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS INKLUSI MI AL MA’ARIF 02 JOMBANG JEMBER

Zahro, Kharisma Intan (2023) TERAPI BERMAIN MERONCE UNTUK MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS INKLUSI MI AL MA’ARIF 02 JOMBANG JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH. ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
KHARISMA_D20183020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kharisma Intan Zahro, 2023 : “Terapi Bermain Meronce Untuk
Mengembangkan Motorik Halus Pada Anak Berkebutuhan Khusus di Kelas
Inklusi MI Al Ma’arif 02 Jombang Jember.”
Anak berkebutuhan khusus adalah anak dengan karakteristik yang tidak
sama dengan anak normal lainnya karena mengalami keterbatasan baik fisik,
mental, sosial maupun emosionalnya yang berpengaruh dalam proses tumbuh
kembangnya. Salah satu gangguan yang terjadi pada anak berkebutuhan khusus
adalah kesulitan untuk mengembangkan motorik halusnya. Anak berkebutuhan
khusus yang memiliki kemampuan motorik halus yang masih kurang maka akan
diberikan sebuah terapi terkait perkembangan motorik halus salah satunya dengan
dilakukan terapi bermain meronce.
Fokus penelitian skripsi ini adalah: 1) Apakah terapi bermain meronce
dapat mengembangkan kemampuan motorik halus pada anak berkebutuhan
khusus (ABK) di kelas inklusi MI Al Ma’arif 02 Jombang Jember? 2) Apa saja
faktor yang mempengaruhi dalam mengembangkan terapi meronce pada anak
berkebutuhan khusus di kelas inklusi MI Al Ma’arif 02 Jombang Jember? Tujuan
dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui terapi bermain meronce dalam
mengembangkan kemampuan motorik halus pada Anak Berkebutuhan Khusus
(ABK) di kelas inklusi MI Al Ma’arif 02 Jombang Jember, 2) Untuk mengetahui
faktor yang mempengaruhi dalam mengembangkan terapi meronce pada Anak
Berkebutuhan Khusus (ABK) di kelas inklusi MI Al Ma’arif 02 Jombang Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan
teknik purposive sampling. Sementara teknik pengumpulan data menggunakan
teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data
menggunakan tiga hal yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data.
Sedangkan kesimpulan dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan
teknik.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) terapi bermain meronce
dapat mengembangkan motorik halus pada anak berkebutuhan khusus. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa motorik halus pada anak berkebutuhan khusus
berkembang setelah diberikan terapi bermain meronce. 2) Faktor yang
mempengaruhi dalam mengembangkan motorik halus berasal dari hubungan yang
harmonis antara guru dan siswa, pola asuh, dan stimulus.
Kata Kunci : Terapi Bermain, Motorik Halus, Inklusi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170102 Developmental Psychology and Ageing
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Depositing User: Kharisma Intan Zahro
Date Deposited: 20 Jan 2023 08:28
Last Modified: 20 Jan 2023 08:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17532

Actions (login required)

View Item View Item