STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA OLEH LEMBAGA MASYARAKAT DESA HUTAN RIMBA AYU DI DESA SUMBERBULU KECAMATAN SONGGON KABUPATEN BANYUWANGI

Santoso, Ihsan aji (2023) STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA OLEH LEMBAGA MASYARAKAT DESA HUTAN RIMBA AYU DI DESA SUMBERBULU KECAMATAN SONGGON KABUPATEN BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UIN KH. ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
IHSAN AJI SANTOSO_D20182036.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ihsan Aji Santoso: Strategi Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengembangan Desa Wisata Oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan Rimba Ayu Di Desa Sumberbulu Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi
Strategi yang dilakukan oleh ketua dan anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan Rimba Ayu dalam mengembangkan desa wisata yang ada di Desa Sumberbulu. Dengan menggunakan pariwasta berbasis alam, tujuan nya agar masyarakat yang ingin berkunjung tidak bosan dengan suasan kota yang seperti itu itu saja. Tujuan yang lain dari terdirinya wisata ini masyarakat sekitar juga ikut berpartipasi dalam mengelola dan menjaga alam yang ada di sekitar pariwasta tersebut.
Fokus Penelitian ini di bagi menjadi dua yaitu, 1. Strategi apa yang dilakukan Lembaga Masyarakat Desa Hutan Rimba Ayu dalam mengembangkan wisata di Desa Sumberbulu. 2. Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pengembangan pariwisata di Desa Sumberbulu tersebut.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa strategi yang digunakan dalam mengembangkan desa wisata ada beberapa faktor yang menjadi inisiatif dari para anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan Rimba Ayu dan semangat dari warga sekitar. Dalam membangun wisata hutan pinus dengan nuansa alam agar para wisatawan tidak bosan dengan suasana yang ada di kota. Adapun faktor pendukung yaitu: Pemberdayaan pada bidang sumber daya manusia, pemberdayaan pada bidang sumber daya alam,adanya progam bimbingan pemandu wisata,konservasi lingkungan pada wisata hutan pinus,membangun sarana dan prasarana. Faktor penghambat dalam mengembangkan desa wisata tersebut yang pertama adalah faktor dana yang awalanya di danai oleh pihak anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan Rimba Ayu sendiri. Dalam membangun wisata hutan pinus tersebut,pemerintah yang awalnya tidak mendukung adanya pembangunan yang ada di kawasan wisata hutan pinus tersebut.

Kata Kunci : Strategi Pemberdayaan Masyarakat,Lembaga Masyarakat Desa Hutan , Desa wisata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150603 Tourism Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mr Ihsan Aji Santoso
Date Deposited: 14 Jan 2023 04:25
Last Modified: 14 Jan 2023 04:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17536

Actions (login required)

View Item View Item