Resiliensi Siswa Kelas X Peminatan Biologi terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Masa Pasca Pandemi Covid-19 di SMAN Darussholah Singojuruh Banyuwangi

Fitriani, Erni (2022) Resiliensi Siswa Kelas X Peminatan Biologi terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Masa Pasca Pandemi Covid-19 di SMAN Darussholah Singojuruh Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ERNI FITRIANI_T20188028.pdf

Download (5MB)

Abstract

Erni Fitriani, 2022: Resiliensi Siswa Kelas X Peminatan Biologi Terhadap Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Masa Pasca Pandemi Covid-19 di SMAN Darussholah Singojuruh Banyuwangi.
Kata kunci: Resiliensi siswa, peminatan biologi, masa pasca pandemi Covid-19.
Permasalahan yang dialami siswa dalam menempuh pendidikan di masa pasca pandemi Covid-19 ini cukup kompleks adanya. Mulai dari masalah kurang memahami materi, kurangnya kedekatan antara guru dan siswa, siswa terlanjur nyaman dengan pembelajaran daring, siswa kewalahan dengan tugas yang banyak, berkurangnya rasa semangat belajar, dan lain sebagainya.
Pemerintah mulai memperbolehkan sekolah mengadakan pelaksanaan pembelajaran tatap muka 100 persen yang didasarkan pada SKB 4 Menteri. Munculnya pembelajaran tatap muka, membuat siswa menjadi kesulitan untuk kembali beradaptasi dengan bentuk pembelajaran yang terus berubah. Dibutuhkan penelitian untuk mengidentifikasi resiliensi siswa pasca Covid-19.
Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Faktor-Faktor Apa Saja mempengaruhi Resiliensi Siswa Kelas X Peminatan Biologi terhadap Pelaksanaan Tatap Muka Terbatas pada Masa Pasca Pandemi Covid-19 di SMAN Darussholah Singojuruh Banyuwangi? 2) Bagaimana Tingkat Resiliensi Siswa Kelas X Peminatan Biologi terhadap Pelaksanaan Tatap Muka Terbatas pada Masa Pasca Pandemi Covid-19 di SMAN Darussholah Singojuruh Banyuwangi?
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan tambahan data kuantitatif. Narasumber kunci dalam penelitian ini sebanyak 6 orang untuk mengidentifikasi faktor-faktor resiliensi, dan digunakan responden angket sebanyak 60 orang untuk mendeskripsikan tingkat resiliensi siswa. Masing-masing terdiri atas tiga kelas X MIA 1, X MIA 2, dan X MIA 4 menggunakan teknik purposive sampling.
Teknik pengumpulan data rumusan pertama menggunakan triangulasi (observasi, wawancara, dan dokumentasi). Validasi hasil wawancara menggunakan Triangulasi Sumber dan Triangulasi Teknik. Sedangkan rumusan kedua terdiri atas angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian dikembangkan oleh peneliti.
Teknik analisis data rumusan pertama menggunakan Model Interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Sedangkan untuk rumusan kedua menggunakan statistik deskriptif. Data angket kemudian dianalisis dengan prosentase yang disimpulkan secara deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan faktor-faktor yang mempengaruhi resiliensi siswa di SMAN Darussholah meliputi: self esteem, dukungan sosial, spiritualitas dan emosi positif yang dimiliki siswa. Sedangkan tingkat Resiliensi Siswa Kelas X Peminatan Biologi terhadap Pelaksanaan PTMT pada Masa Pasca Pandemi Covid-19 di SMAN Darussholah adalah 75% dalam kategori “Tinggi” dan 25% dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Erni Fitriani
Date Deposited: 14 Jan 2023 05:30
Last Modified: 14 Jan 2023 05:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17539

Actions (login required)

View Item View Item