HUBUNGAN REGULASI DIRI DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI PADA MAHASISWA PSIKOLOGI ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER

Mr., Masruhin (2023) HUBUNGAN REGULASI DIRI DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI PADA MAHASISWA PSIKOLOGI ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Masruhin_D20185058.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi merupakan syarat wajib bagi mahasiswa untuk memperoleh gelar kesarjanaannya, yang mana dalam proses pengerjaanya membutuhkan waktu, tenaga, biaya, dan perencanaan yang matang untuk menyelesaikannya. Namun
pada faktanya masih banyak mahasiswa yang menunda-nunda atau melakukan prokrastinasi dalam mengerjakan skripsi sehingga berdampak pada masa studinya yang melebihi 4 tahun atau 8 semester. Hal tersebut dikarenakan mahasiswa memiliki berbagai aktivitas dan kesibukan masing-masing sehingga berdampak pada proses pengerjaan skripsi. Oleh karena itu mahasiswa membutuhkan suatu kemampuan regulasi diri agar tujuan yang mereka inginkan bisa dicapai dengan baik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Apakah Ada Hubungan antara Regulasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik dalam Mengerjakan Skripsi pada Mahasiswa Psikologi Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara regulasi diri dengan prokrastinasi akademik dalam mengerjakan skripsi pada mahasiswa Psikologi Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik sampling jenuh dengan subjek penelitian berjumlah 41 mahasiswa Psikologi Islam yang sedang mengerjakan skripsi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala regulasi diri dan skala prokrastinasi akademik sebagai instrumen pengumpulan datanya, serta skala likert sebagai skala pengukurannya. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan metode korelasi Pearson Product Moment sebagai analisis uji hipotesisnya, Hasil penelitian ini menunjukkan sebagian besar mahasiswa Psikologi Islam memiliki tingkat regulasi diri yang sedang yaitu sebanyak 46,3% dan prokrastinasi akademik juga dalam kategori sedang sebanyak 56,1%. Hasil uji statistik diperoleh koefisien korelasi sebesar -0,901. Hal ini menunjukkan adanya hubungan negatif dan signifikan antara regulasi diri dan prokrastinasi tugas akhir skripsi dengan sumbangan efektif sebesar 81,2% yang artinya semakin besar regulasi diri yang dimiliki oleh mahasiswa, maka semakin rendah prokrastinasi yang dilakukan. Sebaliknya, semakin rendah regulasi diri yang dimiliki mahasiswa, maka semakin tinggi prokrastinasi yang dilakukan.
Kata Kunci: Regulasi Diri, Prokrastinasi Akademik, Mahasiswa Skripsi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Depositing User: Mr Masruhin Ruhin
Date Deposited: 16 Jan 2023 08:25
Last Modified: 16 Jan 2023 08:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17540

Actions (login required)

View Item View Item