ANALISIS PENERAPAN UKBM BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI JARINGAN TUMBUHAN KELAS XI MIPA 5 DI MAN SUMENEP

Romdaniyah, Suci (2022) ANALISIS PENERAPAN UKBM BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI JARINGAN TUMBUHAN KELAS XI MIPA 5 DI MAN SUMENEP. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Suci Romdaniyah_T20188006.pdf

Download (3MB)

Abstract

Suci Romdaniyah, 2022. Analisis Penerapan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Berbasis Scientific Approach pada Pembelajaran Biologi Materi Jaringan Tumbuhan Kelas XI MIPA 5 di MAN Sumenep.
Kata Kunci : UKBM, Scientific Approach, Pembelajaran Biologi, Jaringan Tumbuhan, Biologi.
Penerapan program Sistem Kredit Semester (SKS) di Provinsi Jawa Timur masih belum efektif karena kurangnya petunjuk tertulis dan pemahaman teknis guru dengan penerapan UKBM dalam pembelajaran. Dibutuhkan analisis kualitatif yang mengkaji bagaimana penerapan UKBM di sekolah. Salah satu sekolah yang menerapkannya adalah Madrasah Aliyah Negeri Sumenep, yang juga merupakan satu-satunya MAN di Kabupaten Sumenep yang menerapkan Sistem Kredit Semester (SKS) dalam kegiatan pembelajarannya. Adapun UKBM yang digunakan di MAN Sumenep berpendekatan saintifik.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk:1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran biologi materi jaringan tumbuhan pada UKBM berbasis scientific approach kelas XI MIPA 5 di MAN Sumenep, 2) Mendeskripsikan implementasi pembelajaran biologi materi jaringan tumbuhan pada UKBM berbasis scientific approach kelas XI MIPA 5 di MAN Sumenep, 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran biologi materi jaringan tumbuhan pada UKBM berbasis scientific approach kelas XI MIPA 5 di MAN Sumenep.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research).Lokasi penelitian ini di MAN Sumenep. Subjek penelitian yang dipilih menggunakan jenis (purposive sampling) diantaranya adalah Kepala MAN Sumenep, Waka Kurikulum, Guru biologi, dan siswa kelas XI MIPA 5. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana yang terdiri dari tiga tahapan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian: 1) Perencanaan pembelajaran biologi dilakukan di awal tahun pembelajaran dengan menyusun perangkat pembelajaran berupa silabus, prota, promes RPE dan penyusunan UKBM yang terintegrasi dengan RPP dan Buku Teks Pelajaran (BTP). Diawal semester semua siswa melakukan KRS terlebih dahulu untuk menentukan berapa bobot SKS yang ajan diambil, apakah akan mengambil program percepatan semester atau kelas reguler. 2) Implementasi pembelajaran biologi ada beberapa tahapan yaitu pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup, yang di dalamnya menggunakan pendekatan saintifik yang terdiri dari lima kegiatan yaitu, mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan, namun pada kegiatan menanya siswa kurang aktif dalam bertanya karena siswa masih malu untuk bertanya. 3) Evaluasi pembelajarannya ada tiga aspek yakni aspek kognitif dinilai dari penilaian harian berupa Tes Formatif (TF) yang dilaksanakan setiap selesai mengerjakan UKBM dan Penilaian Akhir Sekolah (PAS) setiap akhir semester, aspek afektif dinilai dari keaktifan siswa dalam dalam kegiatan bertanya atau menjawab pertanyaan di kelas, dan aspek psikomotorik dinilai dari kegiatan praktikum dan hasil laporan praktikum, dan kegiatan saintifik yang dinilai pada kegiatan menanya, mengumpulkan informasi dengan melakukan praktikum dan juga kegiatan mengkomunikasikan dinilai dari hasil laporan praktikumnya. Kelebihan dari penerapan UKBM adalah siswa dapat lulus lebih cepat, jadi siswa hanya memerlukan waktu dua tahun untuk lulus Madrasah Aliyah, dengan memakai UKBM pembelajaran lebih terencana karena sudah diatur sesuai dengan RPP, selain itu tampilan UKBM cukup menarik dilengkapi dengan peta konsep, gambar dan petunjuk praktikum, dan siswa dapat lulus lebih cepatdengan menempuh empat semester. Adapun kekurangan dari penerapan UKBM adalah siswa yang mengikuti program empat semester harus mengatur jadwal sendiri, dan dalam penggandaan UKBM ditanggung oleh siswa sendiri, sehingga membutuhkan banyak biaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060702 Plant Cell and Molecular Biology
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Romdaniyah Suci
Date Deposited: 17 Jan 2023 08:34
Last Modified: 17 Jan 2023 08:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17542

Actions (login required)

View Item View Item