Parenting Dalam Tafsir Al-Mîsbâh (Studi Tafsir Tematik)

Nini Galuh Paramuditha, Rahayu Firstian (2023) Parenting Dalam Tafsir Al-Mîsbâh (Studi Tafsir Tematik). Undergraduate thesis, UIN Kiai Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Nini Galuh Paramuditha_U20181046.pdf

Download (36MB)

Abstract

Nini Galuh Paramuditha Rahayu Firstian, 2022: PARENTING DALAM TAFSÎR AL-MISBÂH (Studi Tafsir Tematik).
Kata Kunci: Parenting, Maudhû’î, dan Tafsîr Al-Misbâh.

Dalam Al-Qur’ân terdapat banyak ayat-ayat yang membahas mengenai pendidikan, salah satunya adalah pendidikan pada anak. Keluarga khususnya ayah dan ibu memiliki peran penting dalam pemberian pola asuh pada anak-anaknya. Pola asuh atau yang biasa disebut parenting yang baik akan mempengaruhi kepribadian anak hingga dewasa.Parenting yang baik juga disebutkan dalam Al-Qur’ân berada di banyak surat. Untuk dapat menjelaskan secara mendalam mengenai parenting dalam tafsir Al-Mîsbâh. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: 1). Apa saja ayat-ayat yang membahas tentang parenting? 2). Bagaimana penafsiran Quraish Shihab tentang ayat-ayat parenting? Sedangkan penelitian itu bertujuan untuk mengetahui ayat-ayat parenting dan pemikiran Quraish Shihab mengenai ayat-ayat parenting.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berdasarkan pada riset kepustakaan (library research). teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan metode dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan content analisis.
Kesimpulan pada penelitian ini adalah: 1). Ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang membahas mengenai parenting yaitu: a). Q.S At-Tahrîm ayat 6. b). Q.S An-Nisâ’ ayat 9. c). Q.S Al-Furqân ayat 74. d). Q.S Luqmân ayat 12-19. e). Q.S Al-Isrâ’ ayat 23-25. 2). Pemikiran Quraish Shihab dalam kitab tafsir Al-Misbah pada ayat-ayat yang membahas menganai parenting, masuk dalam jenis authoritative parenting. Pada ayat lain Quraish Shihab juga menjelaskan dengan rinci ayat-ayat mana saja yang bisa menjadi acuan dalam proses pola asuh orangtua yang diberikan kepada anaknya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ms. Nini Galuh Paramuditha Rahayu Firstian
Date Deposited: 14 Jan 2023 06:43
Last Modified: 14 Jan 2023 06:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17554

Actions (login required)

View Item View Item