HUBUNGAN SELF CONTROL DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA PENGGUNA SHOPEE FITUR VOUCHER CASHBACK DAN GRATIS ONGKIR DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER

Nuriyah Sofiatul, Fadhilah (2022) HUBUNGAN SELF CONTROL DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA PENGGUNA SHOPEE FITUR VOUCHER CASHBACK DAN GRATIS ONGKIR DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
NURIYAH SOFIATUL FADHILAH .pdf

Download (5MB)

Abstract

Nuriyah Sofiatul Fadhilah, 2022: “ Hubungan Self Control dengan Perilaku
Konsumtif pada Mahasiswa Pengguna Shopee Fitur Voucher Cashback dan
Gratis Ongkir di Lingkungan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad
Siddiq Jember “
Kata kunci : Self control, Perilaku Konsumtif, Mahasiswa, Shopee
Self control merupakan variabel psikologis yang mencakup kemampuan
individu untuk modifikasi perilaku, kemampuan individu dalam mengelola
informasi yang tidak penting atau penting dan kemampuan individu untuk
memilih suatu tindakan. Perilaku konsumtif ialah suatu tindakan mengonsumsi
suatu barang secara berlebihan karena tidak memiliki kontrol diri, dan
mengutamakan kepuasan dan nafsu membeli, sehingga pembeliannya menjadi
kurang bermanfaat dan terkesan tidak dapat mengontrol diri. Mahasiswa yang
mampu mengontrol dirinya diharapkan mampu mengendalikan perilakunya dalam
segala hal, melalui aktivitas maupun kegiatan-kegiatan tertentu agar tidak
mengarah pada perilaku yang sia-sia dan hanya membuang waktu, dalam hal ini
cenderung berperilaku konsumtif.
Fokus dalam penelitian ini adalah: apakah terdapat hubungan self control
dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa pengguna shopee fitur voucher gratis
ongkir dan cashback di lingkungan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad
Siddiq Jember, dengan tujuan untuk mengetahui adanya hubungan self control
dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa pengguna shopee fitur voucher gratis
ongkir dan cashback di lingkungan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad
Siddiq Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Jumlah
responden dalam penelitian ini sebanyak 342 mahasiswa dengan teknik sampling
stratifikasi proposional random sampling. Data yang dianalisis kemudian di uji
menggunakan korelasi parametrik pearson product moment.
Penelitian ini menghasilkan simpulan bahwa uji hubungan dinyatakan
terdapat hubungan yang signifikan antara self control dengan perilaku konsumtif
pada mahasiswa pengguna shopee fitur voucher gratis ongkir dan cashback. Uji
hipotesis yang dihasilkan juga menunjukkan hasil pada kedua variabel yakni
variabel self control dengan perilaku konsumtif menunjukkan nilai signifikansi
0,000 (p < 0,05) dan nilai korelasi sebesar -0,541. Arah hubungan self control
dengan perilaku konsumtif pada penelitian ini yaitu hubungan yang negatif, hal
tersebut dapat diketahui dari rendahnya self control yang dimiliki mahasiswa
sehingga semakin tinggi pula perilaku konsumtif dalam melakukan kegiatan
berbelanja di shopee.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nuriyah Sofiatul Fadhilah
Date Deposited: 16 Jan 2023 01:09
Last Modified: 16 Jan 2023 01:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17567

Actions (login required)

View Item View Item