Sanksi Tindak Pidana Penangkapan Ikan Dengan Bahan Peledak Perspektif Hukum Pidana Positif Dan Hukum Pidana Islam

Rohma, Nur Khovidatur (2023) Sanksi Tindak Pidana Penangkapan Ikan Dengan Bahan Peledak Perspektif Hukum Pidana Positif Dan Hukum Pidana Islam. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Nur Khovidatur,S20184057.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak
Skripsi ini berjudul Sanksi Tindak Pidana Penangkapan Ikan Dengan Bahan peledak Perspektif Hukum Positif dan Hukum Pidana Islam,. Penangkapan ikan dengan bahan peledak adalah salah satu aktivitas seseorang yang kehidupannya bergantung pada hasil sumberdaya alam dilaut atau bisa disebut nelayan, untuk memperoleh ikan untuk dijual atau dikonsumsi, Tetapi aktivitas dan kegiatan nelayan untuk mendapatkan ikan dalam jumlah banyak dengan menggunkan bahan peledak mengakibatkan kerusakan pada terumbu karang dan ekosistem dilaut.
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana sanksi hukum positif terhadap tindak pidana penangkapan ikan dengan bahan peledak? 2) Bagaimana sanksi terhadap tindak pidana penangkapan ikan dengan bahan peledak perspektif hukum pidana Islam?.
Tujuan penelitian adalah 1) Untuk mengetahui sanksi tindak pidana penangkapan ikan dengan bahan peledak dalam hukum positif di Indonesia, 2) Untuk mengetahui bagaimana pandangan Hukum Islam dalam tindak pidana penangkapan ikan dengan bahan peledak dan juga memberikan solusi alternatif terhadap pemberantasan kegiatan penangkapan ikan dengan bahan peledak ditinjau dari perspektif hukum pidana islam.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), bahan-bahan dan data-data diperoleh dari perpustakaan dan berbagai uraian yang relevan yang berkaitan dengan permasalahan topik penulisan. Metode yang digunakan adalah pendekatan yurudis normatif antara hukum positif dan hukum pidana islam, kemudian fokus pada permasalahan memberikan tanggapan atau argumentasi untuk menjawab maupun menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Sanksi tindak pidana penangkapan ikan dengan bahan peledak dalam perspektif hukum positif yang sudah diatur dalam Undang-undang Nomor 45 Tahun 2009 dalam Pasal 84 ayat (1) sampai dengan ayat (4) tentang Perikanan sedangkan, 2) Sanksi tindak pidana penangkapan ikan dengan bahan peledak dalam hukum pidana islam yaitu termasuk dalam kejahatan jarimah ta’zir dengan sanksi yang tegas berupa hukuman mati, hukuman jilid, hukuman penjara, hukuman pengasingan dan hukum denda. Pihak yang berhak menjatuhkan hukuman kepada tersangka yaitu hakim yang harus dipercayai oleh masyarakat atau disebut Ulul Amri.

Kata Kunci: Sanksi Pidana, Penangkapan Ikan, Bahan Peledak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180110 Criminal Law and Procedure (incl. Islamic Criminal Law, Jinayat)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Nur khovidatur Rohma
Date Deposited: 14 Jan 2023 08:00
Last Modified: 14 Jan 2023 08:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17576

Actions (login required)

View Item View Item