Dinamika Pemaknaan Masyarakat Terhadap Candi Ngetos Di Nganjuk Dari Abad XV - XX M

Nur Nita, Anna (2023) Dinamika Pemaknaan Masyarakat Terhadap Candi Ngetos Di Nganjuk Dari Abad XV - XX M. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ANNA NUR NITA.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Anna Nur Nita. 2022. Dinamika Pemaknaan Masyarakat Terhadap Candi Ngetos Di Nganjuk Dari Abad XV – XX M.
Berdirinya kota Nganjuk tidak dapat lepas dari rangkaian sejarah masa lalu. Tidak banyak orang tahu bahwa Nganjuk memiliki peninggalan sejarah cukup penting yang kini menjadi aset budaya yang dilindungi. Seperti bangunan Candi Ngetos yang terletak di Desa Ngetos, Kabupaten Nganjuk. Sebuah bangunan tua berupa candi tidak akan pernah mengalami perubahan signifikan. Tetapi, pemaknaan masyarakat terhadap Candi Ngetos di setiap masa pasti berbeda. Dari abad berdirinya XV – XX M, mencakup tiga masa candi di kerajaan Majapahit, kerajaan Islam, sampai kolonial.
Fokus penelitian ialah, peristiwa apa yang melatar belakangi berdirinya Candi Ngetos di Nganjuk dan dinamika pemaknaan masyarakat terhadap Candi Ngetos di Nganjuk dari abad XV – XX M. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peristiwa yang melatar belakangi pendirian Candi Ngetos di Nganjuk dan menjelaskan dinamika masyarakat dalam segi pemikiran terutama terhadap bangunan Candi Ngetos yang merupakan peninggalan sejarah. Dalam upaya pengumpulan sumber hingga penulisan, peneliti mengambil metode penelitian sejarah secara kualitatif dan menggunakan teori sosial budaya untuk memudahkan peneliti dalam menyelesaikan masalah penelitian.
Pada abad XV – XX M, melipui masa Majapahit Candi Ngetos dibangun dan dijadikan pendharmaan prabu Hayam Wuruk sekaligus sebagai tempat ibadah Hindu - Budha. Kemudian di masa Islam, tidak lagi menggunakan candi untuk ibadah melainkan masjid, raja tidak lagi didharmakan pada sebuah candi, tetapi dikuburkan dengan kijing atau hiasan – hiasan lebih menonojol. Sehingga, percandian terabaikan pada masa Islam dan tenggelam secara perlahan. Selanjutnya, candi kembali ditemukan, diteliti, diperbaiki saat era kolonial.

Kata Kunci: Sejarah, Candi Ngetos, Kabupaten Nganjuk

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2101 Archaeology > 210108 Historical Archaeology (incl. Industrial Archaeology)
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Anna Nur Nita
Date Deposited: 16 Jan 2023 00:55
Last Modified: 16 Jan 2023 00:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17577

Actions (login required)

View Item View Item