Pengaruh Dukungan Teman Sebaya Terhadap Peningkatan Motivasi Diri dalam Menyusun Skripsi pada Mahasiswa UKK KSR PMI Unit UIN KH. Achmad Siddiq Jember

Ainiy, Nurkholida (2023) Pengaruh Dukungan Teman Sebaya Terhadap Peningkatan Motivasi Diri dalam Menyusun Skripsi pada Mahasiswa UKK KSR PMI Unit UIN KH. Achmad Siddiq Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AINIY NURKHOLIDA_D20183103.pdf

Download (5MB)

Abstract

Ainiy Nurkholida, 2022: “Pengaruh Dukungan Teman Sebaya Terhadap Peningkatan Motivasi Diri dalam Menyusun Skripsi pada Mahasiswa UKK KSR PMI Unit UIN KH. Achmad Siddiq Jember”
Kata Kunci: Dukungan Teman Sebaya, Motivasi, Skripsi
Motivasi memiliki peran penting dalam dunia Pendidikan, khususnya bagi mahasiswa agar tercapainya suatu tujuan yang telah direncanakan. Terdapat dua jenis motivasi yaitu dari dalam dan dari luar, salah satu motivasi dari luar adalah dukungan teman sebaya. Selain itu terdapat beberapa anggota UKK KSR PMI Unit UIN KH. Achmad Siddiq Jember yang memiliki kendala terhadap motivasi dalam menyusun skripsi, dari situlah peran teman sebaya yang pertama kali memberikan dukungan dan dorongan untuk meningkatkan motivasinya dalam menyusun skripsi, idelanya apabila mahasiswa mengikuti suatu organisasi seharusnya mendapatkan teman dan relasi yang banyak serta dapat mengolah komunikasi yang baik antar teman sebayanya. Namun nyatanya dalam organisasi tersebut masih terdapat beberapa anggota yang terkendala dalam penulisan skripsi padahal di dalam organisasi tersebut memiliki dukungan teman sebaya yang positif dan relasi yang cukup banyak. Maka dari itu peneliti tertarik untuk meneliti “pengaruh dukungan teman sebaya terhadap peningkatan motivasi diri dalam menyusun skripsi pada mahasiswa UKK KSR PMI Unit UIN KH. Achmad Siddiq Jember”.
Rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh dukungan teman sebaya terhadap peningkatan motivasi diri dalam menyusun skripsi pada mahasiswa UKK KSR PMI Unit UIN KH. Achmad Siddiq Jember?
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dukungan teman sebaya terhadap peningkatan motivasi diri dalam menyusun skripsi pada mahasiswa UKK KSR PMI Unit UIN KH. Achmad Siddiq Jember.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian field research atau penelitian lapangan. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 34 responden dengan kriteria yaitu anggota aktif UKK KSR PMI Unit UIN KH. Achmad Siddiq Jember, semester 6 sampai dengan semester 14, proses pengajuan judul skripsi, menyusun proposal, dan menyusun skripsi. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dalam menentukan sampel. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket/kuesioner.
Hasil penelitian menghasilkan mayoritas responden mempunyai dukungan teman sebaya dalam kategori sedang yakni 28 responden dengan presentase 82% dan responden pada kategori motivasi diri yakni 27 responden dengan prsentase 78%. Hasil penelitian yang dilakukan dapat di ketahui bahwa besarnya pengaruh dukungan teman sebaya terhadap peningkatan motivasi diri dalam menyusun skripsi pada mahasiswa UKK KSR PMI Unit UIN KH. Achmad Siddiq Jember adalah sebesar 26,8%. Sisanya sebesar 73,2% yang dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian ini. Hal tersebut menunjukkan bahwa dukungan teman sebaya memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan motivasi diri dalam menyusun skripsi pada mahasiswa UKK KSR PMI Unit UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ainiy Kholida Kholida
Date Deposited: 19 Jan 2023 02:10
Last Modified: 19 Jan 2023 02:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17584

Actions (login required)

View Item View Item