Optimalisasi Fungsi Manajemen dalam Meningkatkan Kualitas Santri di Pondok Pesantren Madinatul Ulum Desa Cangkring Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember

Ayu Purwati, Siska (2023) Optimalisasi Fungsi Manajemen dalam Meningkatkan Kualitas Santri di Pondok Pesantren Madinatul Ulum Desa Cangkring Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siska Ayu Purwati_D20184030.pdf

Download (5MB)

Abstract

Manajemen sangatlah dibutuhkan dalam organisasi, karena dengan adanya manajemen dapat membantu sebuah organisasi mencapai tujuan yang diinginkan. Manajemen sendiri memiliki fungsi yang terkenal dengan sebutan PDCA (Plan, Do, Check, Act), pondok pesantren Madinatul Ulum merupakan salah satu pondok pesantren yang menerapkan manajemen dalam berbagai kegiatan serta memberikan bimbingan kepada seluruh santrinya yaitu dengan mengkoordinir segala kegiatan santri sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan untuk meningkatkan kualitas santri baik dalam kecerdasan spiritual maupun intelektual.
Fokus penelitian dalam penelitian ini terdiri dari bagaimanakah implementasi fungsi manajemen dalam meningkatkan kualitas santri di pondok pesantren Madinatul Ulum? Bagaimana peran pengasuh dan pengurus dalam meningkatkan kualitas santri di pondok pesantren Madinatul Ulum? dan Apa faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kualitas santri di pondok pesantren Madinatul Ulum? Tujuan penelitian ini diantaranya untuk mengetahui implementasi fungsi manajemen dalam meningkatkan kualitas santri di pondok pesantren Madinatul Ulum, sedangkan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research), untuk pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan yang sesuai dengan teori Miles dan Huberman, sedangkan uji keabsahan datanya peneliti menggunakan triangulasi metode, triangulasi sumber dan triangulasi waktu.
Hasil penelitian yang didapatkan setelah peneliti melakukan analisis data yaitu pondok pesantren Madinatul Ulum telah menerapkan keempat fungsi manajemen yaitu, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan serta pengawasan dalam meninkatkan kualitas santri baik dalam kecerdasan spiritual maupun intelektualnya. Selanjutnya peran pengasuh dan pengurus dalam meningkatkan kualitas santrinya yaitu pemberian motivasi dan masukan kepada tenaga pengajar dan kepengurusan, untuk peran pengurus sendiri dengan sistem keamanan yang sudah ada bisa menertibkan santri ketika kegiatan. Faktor pendukung dalam meningkatkan kualitas santri yaitu sarana dan prasarana yang lengkap, lembaga pendidikan yang lengkap, tenaga pengajar yang berkompeten dibidangnya dan untuk faktor penghambatnya terdiri dari perekrutan kepengurusan yang belum tepat dan elemen santri itu sendiri.
Kata kunci : Fungsi Manajemen dan Kualitas Santri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Unnamed user with email siskaayu1805@gmail.com
Date Deposited: 16 Jan 2023 00:56
Last Modified: 16 Jan 2023 00:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17591

Actions (login required)

View Item View Item