Perkembangan Pengunjung di Museum Mpu Tantular tahun 2009-2015

miss, miss. niswatun (2023) Perkembangan Pengunjung di Museum Mpu Tantular tahun 2009-2015. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Skripsi Niswa (1)_signed.pdf

Download (4MB)

Abstract

Niswatun Nurol Khamidah. 2022. Perkembangan Pengunjung di Museum Mpu Tantular Tahun 2009-2015.
Museum menurut PP No. 66 tahun 2015 adalah lembaga yang berfungsi untuk melindungi,, mengembangkan, memanfaatkan koleksi dan mengomunikasikannya kepada masyarakat. salah satu museum yang mengacu terhadap peraturan ini adalah Museum Mpu Tantular Sidoarjo Provinsi Jawa Timur, Museum Mpu Tantular berperan sebagai saranan edukasi dan pariwisata bagi seluruh masyarakat Sidoarjo. Adanya Museum Mpu Tantular di Sidoarjo bisa menambah wawasan sejarah dan budaya terhadap masyarakat sekitar.
Fokus penelitian ini adalah: 1). Bagaimana Sejarah Berdirinya Museum Mpu Tantular? 2). Bagaimana Perkembangan Pengunjung di Museum Mpu Tantular ditahun 2009-2015? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana sejarah berdirinya Museum Mpu Tantular. Selain mendeskripsikan sejarah berdirinya Museum Mpu Tantular, penelitian ini juga mendeskripsikan perkembangan pengunjung Museum Mpu Tantular tahun 20092015. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Sumber data dalam penelitian ini yaitu informan yang mengetahui penelitian ini, seperti Staff Museum Mpu Tantular, Ketua Seksi Preparasi dan Bimbingan Edukasi dan lain-lain. analisis datanya menggunakan analisis interpretasi atau sejarah.
Kesimpulan yang di dapat dari penelitian ini yaitu Museum Mpu Tantular adalah museum yang awalnya didirikan oleh von Faber sebelumnya bernama Stedelijik Historsch yang dulunya hanya menyajikan koleksi-koleksi mengenai pengetahuan Surabaya di ruang kecil. Tahun 1975 museum ini berganti nama menjadi Museum Negeri Mpu Tantular hingga saat ini. Adanya agenda dari Bapak President Susilo Bambang Yudhyono di tahun 2010-2015 dengan gerakan “ayo berkunjung ke museum”, Museum Mpu Tantular mengalami peningakatan jumlah kunjungan yang sangat baik dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
Kata kunci: Museum Mpu Tantular, Perkembangan Pengunjung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2102 Curatorial and Related Studies > 210204 Museum Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: miss niswatun miss. khamidah
Date Deposited: 17 Jan 2023 02:58
Last Modified: 17 Jan 2023 02:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17605

Actions (login required)

View Item View Item