Analisis Penerapan Sistem Pelayanan Pada Pengguna Aplikasi Pegadaian Syariah Digital di PT. Pegadaian Syariah Cabang Ahmad Yani Jember

Ratnawati, Elisa (2023) Analisis Penerapan Sistem Pelayanan Pada Pengguna Aplikasi Pegadaian Syariah Digital di PT. Pegadaian Syariah Cabang Ahmad Yani Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
DIGILIB ELISA FIX.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Elisa Ratnawati, M. Daud Rhosyidy, S.E., M.E, 2022 : Analisis Penerapan Sistem Pelayanan Pada Pengguna Aplikasi Pegadaian Syariah Digital Di PT. Pegadaian Syariah Cabang Ahmad Yani Jember

Pegadaian syariah menempatkan teknologi pelayanan digital sebagai bagian terpenting demi meningkatkan kinerja perusahaan dalam memberikan layanan prima kepada nasabahnya. Adanya penerapan sistem pelayanan pada pengguna aplikasi pegadaian syariah digital nantinya diharapkan dapat menciptakan kepuasan yang tinggi dalam diri nasabah sehingga sikap loyal akan muncul dalam diri nasabah kepada perusahaan dalam jangka panjang.

Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi sistem pelayanan pada pengguna aplikasi pegadaian syariah digital di PT. Pegadaian Syariah Cabang Ahmad Yani Jember dan apa hambatannya? 2) Bagaimana respon nasabah dalam menggunakan aplikasi pegadaian syariah digital di PT. Pegadaian Syariah Cabang Ahmad Yani Jember?

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi sistem pelayanan pada pengguna aplikasi pegadaian syariah digital di PT. Pegadaian Syariah Cabang Ahmad Yani Jember dan hambatannya serta untuk mengetahui kepuasan nasabah dalam menggunakan aplikasi pegadaian syariah digital di PT. Pegadaian Syariah Cabang Ahmad Yani Jember.

Untuk mengidentifikasi masalah diatas, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yang tergolong dalam jenis penelitian lapangan (field research) dengan melakukan studi terhadap realitas kehidupan sosial masyarakat secara langsung. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penerapan sistem pelayanan pada pengguna aplikasi pegadaian syariah digital di PT. Pegadaian Syariah Cabang Ahmad Yani Jember telah sesuai dengan tujuan dibuatnya aplikasi tersebut. 2) Hambatan yang paling sering terjadi dalam penerapan pada sistem pelayanan aplikasi pegadaian syariah digital di PT. Pegadaian Syariah Cabang Ahmad Yani Jember ialah seringnya terjadi keeroran dalam sistem aplikasi tersebut. 3) Dalam menggunakan aplikasi pegadaian syariah digital di PT. Pegadaian Syariah Cabang Ahmad Yani Jember mayoritas nasabah mengatakan bahwa mereka cukup puas dengan hadirnya sistem pelayanan yang disajikan oleh aplikasi pegadaian syariah ini.

Kata Kunci : Sistem Pelayanan, Aplikasi Pegadaian Syariah Digital, Pegadaian Syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Elisa Ratnawati
Date Deposited: 17 Jan 2023 01:59
Last Modified: 17 Jan 2023 01:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17608

Actions (login required)

View Item View Item