Pengembangan Karakter Kemandirian Siswa Penyandang Tunagrahita di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa BCD Jember

Aini, Neni Nur (2023) Pengembangan Karakter Kemandirian Siswa Penyandang Tunagrahita di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa BCD Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
PENGEMBANGAN KARAKTER KEMANDIRIAN SISWA PENYANDANG TUNAGRAHITA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LUAR BIASA BCD JEMBER.pdf

Download (44MB)

Abstract

Kemandirian bukanlah sebuah karakter yang ada secara tiba-tiba, akan tetapi perlu diajarkan dan dilatih agar tidak menghambat tugas-tugas perkembangan anak tunagrahita selanjutnya. Anak penyandang tunagrahita yang tidak mendapat intervensi secara terus menerus dari lingkungan termasuk orangtua dan guru akan mengakibatkan anak tidak mandiri dan bergantung pada orang lain. Guna menciptakan kemandirian siswa penyandang tunagrahita di SMPLB BCD Jember dengan melakukan sentuhan khusus dengan melakukan pertemuan bersama wali murid secara intensif.
Peneliti memfokuskan masalah penelitian skripsi ini sebagai berikut : 1) Metode Apa yang digunakan oleh guru SMPLB BCD Jember dalam pengembangan karakter kemandirian siswa penyandang tunagrahita?. 2) Bagaimana tantangan yang dihadapi oleh guru Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa BCD Jember dalam pengembangan karakter kemandirian terhadap siswa penyandang tunagrahita?. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan metode yang digunakan oleh guru SMPLB BCD Jember dalam pengembangan karakter kemandirian siswa penyandang tunagrahita. 2) Mendeskripsikan tantangan yang dihadapi oleh guru SMPLB BCD Jember dalam pengembangan karakter kemandirian siswa penyandang tunagrahita.
Berikut hasil dari penelitian ini: 1) metode yang digunakan oleh guru SMPLB BCD Jember dalam pengembangan karakter kemandirian siswa penyandang tunagrahita adalah metode yang berfokus pada siswa (Student center). Model pembelajaran ini berpotensi untuk mendorong siswa untuk lebihaktif, mandiri sesuai kemampuan masing-masing, serta sesuai dengan tingkat perkembangan individu. Hal ini dikarenakan pembelajaran bagi tunagrahita perlu memperhatikan karakteristik dari setiap siswa penyandang tunagrahita sendiri dengan cara melakukan pendampingan secara intensif pada saat pembelajaran seperti pengulangan saat belajar membaca, menulis, cara merawat diri. 2) Tantangan yang dihadapi guru SMPLB BCD Jember dalam pengembangan karakter kemandirian pada siswa penyandang tunagrahita adalah ketelatenan dan kesabaran dalam melakukan pendampingan terhadap anak tunagrahita, dengan secara terus menerus melakukan pengulangan terhadap apa yang sudah di ajarkan, memberikan kepercayaan kepada siswa untuk menyelesaikan tugasnya sendiri, dan memberikan reward saat siswa dapat menyelesaikan tugas. Tantangan tersebut mengacu pada hambatan yang dialami oleh siswa tunagrahita.

Kata kunci: Pengembangan Karakter Kemandirian, Siswa, Penyandang Tunagrahita.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Depositing User: Mrs Neni Nur Aini
Date Deposited: 18 Jan 2023 02:10
Last Modified: 18 Jan 2023 02:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17613

Actions (login required)

View Item View Item