Pengawasan Keimigrasian Terhadap Warga Negara Asing Yang Mengajukan Izin Tinggal Di Wilayah Indonesia Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian (Studi Kasus Di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jember)

Safin Nabila, Riza (2022) Pengawasan Keimigrasian Terhadap Warga Negara Asing Yang Mengajukan Izin Tinggal Di Wilayah Indonesia Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian (Studi Kasus Di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jember). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI RIZA SAFIN NABILA BENER FIX.pdf

Download (2MB)

Abstract

Riza Safin Nabila, 2022: pengawasan Keimigrasian Terhadap Warga Negara Asing Yang Mengajukan Izin Tinggal Di Wilayah Indonesia Berdasarkan UndangUndang Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian (Studi Kasus Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jember).

Kata Kunci: Pengawasan, Warga Negara Asing (WNA), Penyalahgunaan Izin Tinggal,
Mengajukan Izin Tinggal.

Lingkup pengawasan kantor Imigrasi Kelas I TPI Jember merupa tempat yang memiliki suatu yang baik untuk dijadikan destinasi wisata maupun pekerja bagi orang asing, sehingga tidak sedikit pelanggaran keimigrasian yang dilakukan orang asing di lingkup kerja kantor Imigrasi Kelas I TPI Jember. penegakan hukum keimigrasian yang terdiri dari pengawasan dan penindakan keimigrasian wilayah Indonesia dilakukan oleh
Direktorat Jenderal Imigrasi yang berada di bawah Kementerian Hukum dan HAM yang kemudian didelegasikan kepada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM dan Unit Pelaksanaan Teknis yang dalam hal ini mengenai keimigrasian yaitu Kantor Imigrasi dan Rumah Detensi.
Fokus permasalahan yang diteliti ialah: 1. Bagaimana pengawasan Keimigrasian terhadap Warga Negara Asing yang mengajukan izin tinggal di wilayah Indonesia berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 di kantor Imigrasi Kelas I TPI Jember? 2. Bagaimana kendala dan upaya keimigrasian dalam pengajuan izin tinggal bagi Warga Negara Asing di wilayah kerja kantor Imigrasi Kelas I TPI Jember? 3. Bagaimana tindakan keimigrasian terhadap Warga Negara Asing yang tidak mengajukan izin tinggal dan overstay di wilayah kerja kantor Imigrasi Kelas I TPI Jember?
Penelitian yang telah digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan yuridis empiris pendekatan kualitatif, yang bagaimana peneliti menggambarkan di saat penelitian. Lokasi
penelitiannya dilakukan di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jember. Peneliti juga berupaya mengkaji secara menyeluruh terkait substansi regulasi bagaimana pengawasan keimigrasian terhadap Warga Negara Asing yang mengajukan izin tinggal serta yang menyalahi izin tinggal. Subjek penelitian dalam menentukan informasi juga menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti yaitu menggunakan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Dilanjut dengan analisa data dan keabsahan data yaitu menggunakan triangulasi sumber serta teknik yang dilakukan.
Hasil penelitian yang didapatkan peneliti, 1) pengawasan keimigrasian terhadap Warga Negara Asing yaitu mencangkup masuk serta keluarnya orang asing yang mengajukan izin tinggal di wilayah Indonesia, selanjutnya dengan pemantauan di setiap kegiatan yang dilakukan orang asing selama berada di wilayah Indonesia. 2) Terdapat beberapa kendala dan upaya yang ada di Kantor Imigrasi kelas I TPI Jember yaitu dalam
hal jarak dan kurang kesadaran dari Warga Negara Asing (WNA) itu sendiri dalam hal batas akhir izin tinggal yang telah ditentukan pejabat Imigrasi Jember. 3) Apabila pejabat
imigrasi mendapati orang asing yang melakukan kegiatan yang mencurigakan maupun dapat dicurigai, serta orang asing yang menyalahgunakan izin tinggal dalam pasal 78 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian akan dikenakan tindakan administratif dan dapat juga dikenai sanksi berupa deportasi dan penangkalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180108 Constitutional Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: RIZA SAFIN NABILA
Date Deposited: 16 Jan 2023 08:19
Last Modified: 16 Jan 2023 08:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17617

Actions (login required)

View Item View Item