Konsep menangis dalam perspektif al qur'an: Studi pendekatan psikologi kesehatan

Istiqomah, Zahrotul (2023) Konsep menangis dalam perspektif al qur'an: Studi pendekatan psikologi kesehatan. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ZAHROTUL ISTIQOMAH_U20181111.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang menangis yang bertujuan untuk memperoleh serta mengetahui tentang konsep menangis dalam perspektif Al Qur’an dengan korelasi Psikologi Kesehatan. Fokus Kajiannya, meliputi tiga pembahasan, yaitu: (1) Bagaimana konsep menangis dalam perspektif Al Qur’an? (2) Bagaimana korelasi menangis dalam Al Qur’an dengan Psikologi Kesehatan? (3) Bagaimana relevansi menangis terhadap kesalihan seseorang? Tujuan umum penelitian ini yaitu: mendeskripsikan Konsep Menangis Dalam Perspektif Al Qur’an. Tujuan khusus penelitian iniyaitu: (1) Memahami konsep menangis sesuai perspektif Al Qur’an. (2) Mengetahui korelasi menangis dalam Al Qur’an dengan Psikologi Kesehatan. (3) Mengetahui relevansi menangis terhadap kesalihan seseorang.

Penelitian ini termasuk penelitian kulitatif jenis penelitian ini Library Research, pendekatan yang digunakan penelitian ini yaitu pendekatan Psikologi Kesehatan, objek yang dikaji tentang ayat-ayat suci Al Qur’an berdasarkan penafsiran Buya Hamka, Quraish Shihab, dan Ath Thabari.

Hasil dari penelitian ini, (1) Mendeskripsikan menangis merupakan tanda alami yang telah Allah fitrahkan dan merupakan wujud dari berfungsinya jiwa manusia sehingga tidak dapat dipisahkan dari manusia. (2) Selain fitrah dari Allah, menangis juga merupakan suatu ibadah dan dapat melegakan emosi jiwa, mengeluarkan racun atau bahkan menyembuhkan penyakit, maka dari itu sebagai manusia harus meyakini bahwa Allah telah menetapkannya sehingga tujuannya harus pada Allah. (3) Menangis karena takut pada Allah dapat menambah keatakwaan jika disertai keikhlasan. Selain itu menangis takut pada Allah merupakan karunia yang tidak semua orang dapat merasakan taqarrub ilallah.

Keywords: menangis; psikologi kesehatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Zahrotul Istiqomah
Date Deposited: 17 Jan 2023 04:29
Last Modified: 17 Jan 2023 04:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17627

Actions (login required)

View Item View Item