Peran Orang Tua dalam Pengembangan Karier Anak Tunarungu Pascasekolah di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa BCD YPAC Jember.

Afifah, Nur (2023) Peran Orang Tua dalam Pengembangan Karier Anak Tunarungu Pascasekolah di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa BCD YPAC Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NUR AFIFAH_D20183021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Keluarga adalah sekelompok dua atau lebih orang yang memiliki ikatan alami dan emosional yang hidup bersama dalam harmoni setiap anggota keluarga mempunyai peran khusus untuk dimainkan. Orang tua adalah orang yang menjadi panutan bagi anak-anaknya karena orang tua merupakan pendidik utama bagi anak-anaknya.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran orang tua dalam pengembangan karier anak pascasekolah di SMALB-BCD YPAC Jember? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat peranorang tua dalam pengembangan karier anak tunarungu pascasekolah di SMALB-BCD YPAC Jember
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam pengembangan karier anak tunarungu pascasekolah di SMALB-BCD YPAC Jember 2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat peran orang tua dalam pengembangan karier anak tunarungu pascasekolah di SMALB-BCD YPAC Jember.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif, metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data melalui kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Kemudian untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Kesimpulan dari penelitian ini peran orang tua dalam pengembangan karier anak tunarungu sangat diperlukan karena tanpa bimbingan orang tua anak yang memiliki ketunarunguan ini tidak dapat berkembang dengan baik, adapun faktor pendukung yaitu dari orang tua anak itu sendiri, guru dan juga fasilitas disekolah yang disediakan, faktor penghambat yaitu orang tua yang terlalu banyak bekerja dan tidak punya waktu untuk anak-anaknya, sehingga tidak sempat memberikan perhatian penuh dan pembelajaran dirumah.

Kata Kunci :peran orang tua, pengembangan karir, anak tunarungu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Depositing User: Mrs Nur Afifah
Date Deposited: 16 Jan 2023 01:01
Last Modified: 16 Jan 2023 01:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17629

Actions (login required)

View Item View Item