Pengaruh book tax differences terhadap pertumbuhan laba

Isnaini, Dewi Hofi'atul (2022) Pengaruh book tax differences terhadap pertumbuhan laba. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dewi Hofi'atul Isnaini_E20163012.pdf.pdf

Download (9MB)

Abstract

Dewi Hofi’atul Isnaini, Daru Anondo, S.E., M.Si. 2022 : Pengaruh Book Tax Differences Terhadap Pertumbuhan Laba

Book tax differences adalah perbedaan besaran laba akuntansi atau laba komersial dengan laba fiskal atau penghasilan kena pajak. Martani menyatakan bahwa, laba akuntansi adalah laba atau rugi bersih selama satu periode sebelum dikurangi beban pajak yang dihitung berdasarkan prinsip akuntansi yang berlaku umum, sedangkan laba kena pajak atau laba fiskal (rugi pajak atau rugi fiskal) adalah laba (rugi) selama satu periode yang dihitung berdasarkan peraturan yang ditetapkan oleh Otoritas Pajak atas pajak penghasilan yang terutang (dilunasi).

Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu (1) Apakah terdapat pengaruh secara permanen book tax differences terhadap pertumbuhan laba pada Perusahaan jasa sub sektor hotel dan pariwisata yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2020? (2) Apakah terdapat pengaruh secara temporer book tax differences terhadap pertumbuhan laba pada Perusahaan jasa sub sektor hotel dan pariwisata yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2020? (3) Apakah terdapat pengaruh book tax differences terhadap pertumbuhan laba pada Perusahaan jasa sub sektor hotel dan pariwisata yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2020?

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui serta menganalisis pengaruh secara permanen book tax differences terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan jasa sub sector hotel dan pariwisata yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2018 (2) Untuk mengetahui serta menganalisis pengaruh secara temporer book tax differences terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan jasa sub sector hotel dan pariwisata yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2020 (3) Untuk mengetahui serta menganalisis book tax differences terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan jasa sub sector hotel dan pariwisata yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2020.

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh book tax differences terhadap pertumbuhan laba. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan jasa sub sektor hotel dan pariwisata yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2020. Data penelitian diperoleh dari laporan keuangan perusahaan jasa periode tahun 2018-2020 .Metode yang digunakan adalah metode purposive sampling, sampel yang diperoleh sebanyak 12 perusahaan. Hipotesis dalam penelitian ini diuji menggunakan analisis regresi berganda. Variabel yang diuji dalam penelitian ini adalah perbedaan permanen , perbedaan temporer dan book tax differences yang merupakan proksi dari book tax differences. Pertumbuhan laba yang digunakan dihitung dengan cara mengurangkan laba periode berjalan dengan laba periode sebelumnya kemudian dibagi dengan laba pada periode sebelumnya.

.Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa permanen dan temporer berpengaruh positif signifikan terhadap pertumbuhan laba. Pengaruh permanen dengan nilai signifikansi 0,025 < 0,05 dan nilai thitung 2,170.Pengaruh temporer dengan nilai signifikansi 0,017 < 0,05 dan nilai thitung 2,398. Berbeda dengan book tax differences berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap pertumbuhan laba karena memiliki nilai signifikansi sebesar 0,059 > 0,05 dan nilai thitung 1,551.

Kata Kunci : Perbedaan Permanen, Perbedaan Temporer, dan Book Tax Differences.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140302 Econometric and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Mrs Dewi Hofi'atul Isnaini
Date Deposited: 09 Feb 2023 03:08
Last Modified: 09 Feb 2023 03:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17646

Actions (login required)

View Item View Item