HAK WANITA DALAM MEMILIH PASANGAN (STUDI MA’ANIL HADIS DALAM KITAB SUNAN ABŪ DĀWUD NO. INDEKS 2096)

Wardatul Azizah, S.Ag (2023) HAK WANITA DALAM MEMILIH PASANGAN (STUDI MA’ANIL HADIS DALAM KITAB SUNAN ABŪ DĀWUD NO. INDEKS 2096). Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
WM WARDA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Wardatul Azizah. 2022. “Hak Wanita dalam Memilih Pasangan (Studi Ma’anil Hadits Dalam Sunan Abu Dawud No. Indeks 2096)”
Sebelum memasuki jenjang pernikahan yang harus dilakukan yaitu memilih pasangan hidup. Beberapa hal yang mendorong seseorang saat menentukan kriteria dalam memilih pasangan hidup ialah impian terbaik bagi setiap orang, yaitu ingin memiliki suami yang baik, bertanggung jawab untuk dunia dan akhirat. Kehendak pernikahan merupakan landasan utama dalam akad, sedangkan akad merupakan milik mereka berdua penentuan akad ditentukan oleh mereka berdua, maka pesetujuan mempelai laki-laki dan perempuan harus diutarakan. Dengan melihat latar belakang yang sudah dijabarkan, skripsi ini berjudul “Hak Wanita dalam Memilih Pasangan (Studi Ma’anil Hadis dalam Sunan Abū Dāwud No. Indeks 2096). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas hadis Sunan Abu Dawud, pemaknaan hadis dan juga pandangan ulama tentang Hak Wanita dalam Memilih Pasangan
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kualitas hadis hak wanita dalam memilih pasangan? 2) Bagaimana pemaknaan hadis dalam Kitab Abu Dawud No. Indeks 2096? 3) Bagaimana pandangan ulama’ tentang hak wanita dalam memilih pasangan?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Penulis ingin mengetahui kualitas hadis hak wanita dalam memilih pasangan. 2) Penulis ingin mengetahui pemaknaan hadis hak wanita dalam memilih pasangan. 3) Penulis ingin mengetahui bagaimana pandangan ulama’ tentang hak wanita dalam memilih pasangan.
Penelitian ini termasuk dalam kategori library research atau penelitian pustaka, data yang diperoleh dari kegiatan studi kepustakaan dengan menggunakan teori ma’anil hadis untuk memahami sebuah hadis dari Kitab Sunan Abu Dawud No. Indeks 2096 tentang hak wanita dalam memilih pasangan. Bahan primer yaitu kitab Sunan Abu Dawud, sedangkan bahan sekunder yaitu Aunul Ma’bud Syarh Sunan Abū Dāwud, kitab-kitab lain yang memuat tentang topik pembahasan penulis, buku, karya ilmiah yang terkait dengan permasalahan ini.
Hasil penelitian ini adalah Hadis Sunan Abu Dawud masuk dalam kategori shahih. Pemaknaan hadis hak wanita dalam memilih pasangan melalui pendekatan bahasa bermakna bahwasannya, anak perempuan yang masih gadis, seorang ayah dilarang memaksa anak perempuannya tanpa persetujuan dan ridha dari anak. Apabila sang anak merasa terpaksa dan tidak menyukai calon suaminya, maka ia boleh menolak pernikahan tersebut. Sedangkan untuk janda, ia lebih berhak untuk memilih dan menentukan.
Pandangan ulama’ empat madzhab yaitu: 1) Imam Malik mengatakan bahwa ayah dapat memaksa anak perempuannya untuk menikah. Meminta izin terhadap anak perempuan gadis bukanlah hal yang wajib, sedangkan untuk janda dalam hal ini lebih berhak atas dirinya. 2) Imam Syafi’i mengatakan ayah dapat memaksa anak perempuannya untuk menikah, sedangkan untuk janda lebih berhak atas dirinya sendiri maka harus ada izin darinya. 3) Imam Hanafi mengatakan ayah tidak diperbolehkan memaksa anak perempuannya untuk menikah, baik anak masih gadis maupun sudah janda. Keputusan yang anak sangatlah menentukan. 4) Imam Hanbali: ayah tidak boleh menikahkan paksa anaknya, tanpa persetujuan darinya (anak).
Keyword: Hak, Wanita, Memilih Pasangan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169901 Gender Specific Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200299 Cultural Studies not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Hadits
Depositing User: Mrs Wardatul Azizah
Date Deposited: 17 Jan 2023 08:05
Last Modified: 17 Jan 2023 08:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17647

Actions (login required)

View Item View Item