HUBUNGAN ANTARA RELIGIOUS COPING DENGAN PSYCHOLOGICAL WELL – BEING PADA KORBAN ERUPSI GUNUNG SEMERU DI KABUPATEN LUMAJANG

Rahayu, Riski (2023) HUBUNGAN ANTARA RELIGIOUS COPING DENGAN PSYCHOLOGICAL WELL – BEING PADA KORBAN ERUPSI GUNUNG SEMERU DI KABUPATEN LUMAJANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RISKI RAHAYU_D20185049.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: Religious Coping, Psychological Well – Being, Korban Erupsi Gunung Semeru

Dampak dari erupsi gunung Semeru selain kondisi fisik, kehilangan harta benda, anggota keluarga, dan tempat tinggal, juga berdampak pada kondisi psikologis korban seperti, cemas, stres, dan trauma. Religious coping adalah penyelesaian masalah menggunakan keyakinan agama serta perilaku yang sesuai dengan ajaran agama untuk mengurangi atau mengantisipasi terjadinya gangguan psikologis, dengan adanya religious coping yang baik maka korban erupsi gunung Semeru akan terhindar dari gangguan psikologis, yang akan membuat psychological well-being menjadi lebih baik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah. Apakah terdapat hubungan antara religious coping dengan psychological well-being pada korban erupsi gunung Semeru di Kabupaten Lumajang?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara religious coping dengan psychological well-being pada korban erupsi gunung Semeru di Kabupaten Lumajang. Penelitian ini menggunkan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling yaitu sampling accidental dengan jumlah sampel 60 orang. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner dengan instrumen pengumpul data menggunakan skala IRCOPE (Iran Religious Coping) dari Aflaseir dan Coleman untuk variabel religious coping dan skala Ryff untuk variabel psychological well-being.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara religious coping dengan psychological well-being pada korban erupsi gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, dengan nilai koefisien korelasi yaitu 0,361 dan nilai signifikansi sebesar 0,005 yang artinya semakin tinggi tingkat religious coping maka semakin tinggi pula tingkat psychological well-being korban erupsi gunung Semeru di Kabupaten Lumajang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Depositing User: Riski R Rahayu
Date Deposited: 17 Jan 2023 07:42
Last Modified: 17 Jan 2023 07:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17669

Actions (login required)

View Item View Item