ANALISIS PERILAKU BELAJAR PASCA PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA DI SDN 2 GUMIRIH KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2022/2023

Putri, Ryas Ananda (2023) ANALISIS PERILAKU BELAJAR PASCA PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA DI SDN 2 GUMIRIH KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RYAS ANANDA PUTRI_D20185061.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ryas Ananda Putri, 2023. Analisis Perilaku Belajar Pasca Pembelajaran Daring
Pada Siswa Di SDN 2 Gumirih Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2022/2023.
Kata Kunci : Perilaku Belajar, Siswa, Pasca Pembelajaran Daring.
Analisis perilaku belajar siswa Pasca Pembelajaran daring ini dilakukan
berdasarkan proses pembelajaran yang terjadi di SDN 2 Gumirih Kabupaten
Banyuwangi. Perilaku adalah perubahan dalam diri individu karena suatu aktivitas,
perubahan itu di dapat dalam segi kognitif, afektif, dan psikomotorik Adapun belajar
merupakan suatu proses perubahan, yaitu perubahan dalam perilaku sebagai hasil
dari interaksi dengan lingkungannya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Analisis
perilaku belajar siswa Pasca Pembelajaran daring di SDN 2 Gumirih dapat dilihat
pada saat proses pembelajaran masih dalam kondisi daring dan setelah daring atau
pasca daring.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perilaku belajar dalam ranah
Kognitif Pasca Pembelajaran Daring Pada Siswa Di SDN 2 Gumirih Kabupaten
Banyuwangi Tahun Ajaran 2022/2023?; 2) Bagaimana perilaku belajar dalam ranah
Afektif Pasca Pembelajaran Daring Pada Siswa Di SDN 2 Gumirih Kabupaten
Banyuwangi Tahun Ajaran 2022/2023?; 3) Bagaimana perilaku belajar dalam ranah
Psikomotorif Pasca Pembelajaran Daring Pada Siswa Di SDN 2 Gumirih Kabupaten
Banyuwangi Tahun Ajaran 2022/2023?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan
perilaku belajar dalam ranah Kognitif pada Siswa Pasca Pembelajaran Daring Di
SDN 2 Gumirih Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2022/2023; 2) Untuk
mengetahui dan mendeskripsikan perilaku belajar dalam ranah Afektif Pasca
Pembelajaran Daring Pada Siswa Di SDN 2 Gumirih Kabupaten Banyuwangi Tahun
Ajaran 2022/2023; 3) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan perilaku belajar dalam
ranah Psikomotorik Pasca Pembelajaran Daring Pada Siswa Di SDN 2 Gumirih
Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif
dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini
berlokasi di SDN 2 Gumirih Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi.
Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data
dan verifikasi data. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi
sumber dan triangulasi teknik.
Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah 1) pada ranah kognitif ini lebih
meningkat pada saat pembelajaran pasca daring, karena penyampaian materi
pelajaran yang disampaikan secara langsung membuat siswa lebih mudah memahami
materi; 2) Perilaku belajar pada ranah afektif yang dimana pembelajaran dimasa
pasca daring lebih mengalami peningkatan dibandingkan pada masa pembelajaan
daring; 3) pada ranah psikomotor pembelajaran pasca daring ini lebih baik jika
dibandingkan dengan pembelajaran daring karena siswa dapat merealisasikan hasil
dari apa yang ia pelajari

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170102 Developmental Psychology and Ageing
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Depositing User: Ryas Ananda Putri
Date Deposited: 17 Jan 2023 01:41
Last Modified: 17 Jan 2023 01:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17673

Actions (login required)

View Item View Item