Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program Eco-Pesantren di Pondok Pesantren Baitul Hikmah Tempurejo Jember

Faizin, Ach. (2022) Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program Eco-Pesantren di Pondok Pesantren Baitul Hikmah Tempurejo Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ACH. FAIZIN_T20188089.pdf

Download (20MB)

Abstract

Pendidikan adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia. Transfer ilmu atau wawasan pengetahuan (transfer knowledge) juga transfersecara moral (transfer moral value). Pendidikan di Indonesia telah diatur oleh UU No. 20 pada Tahun 2003 mengenai Sistem Pendidikan Nasional. UU tersebut mendiskripsikan bahwa pendidikan merupakan usaha yang sadar serta terencana guna mengembangkan potensi diri sendiri untuk menjadikan pribadi yang cerdas dan memiliki etika terpuji.
Fokus penelitian yang diteliti dalam penelitian ini adalah: 1)bagaimana implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan melalui program ecopesantren di pondok pesantren Baitul Hikmah? 2)apa saja kendala yang dihadapi dalam menjalankan program eco-pesantren di pondok pesantren Baitul Hikmah Tempurejo? dan 3)apa saja faktor yang mendukung terlaksananya program Eco-Pesantren dalam membina karakter peduli lingkungan di Pondok Pesantren Baitul Hikmah Tempurejo Jember?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek pada penelitian ini yaitu Ketua Yayasan, ustadz dan santri. Teknik penentuan subjek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis model Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah; 1)Implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan melalui program eco-pesantren di Pondok Pesantren Baitul Hikmah diwujudkan melalui kegiatan perawatan tanaman, piket harian santri, Jum’at Bersih/bersih pekanan, kegiatan pemanfaatan air bersih dan hemat energi. 2)Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan karakter melalui program eco-pesantren diantaranya ialah kurangnya kesadaran warga pondok khususnya santri dalam menjaga kebersihan, masih ada beberapa santri yang membuang sampah sembarangan, dan kurangnya rasa kepedulian terhadap lingkungan pondok khususnya yang berhubungan dengan kebersihan. 3)Factor yang mendukung terlaksananya program eco-pesantren ini dapat terjadi karena adanya contoh atau teladan yang diberikan oleh ustadz dan juga pengaruh yang diberikan oleh teman atau sesama santri. Dari semua pelaksanaan kegiatan kepedulian terhadap lingkungan yang sudah dilakukan, harapannya dapat menghasilkan output yang memiliki karakter peduli lingkungan.
Kata Kunci: Karakter, Penidikan Karakter Peduli Lingkungan, Eco-Pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mr Ach. Faizin
Date Deposited: 17 Jan 2023 00:52
Last Modified: 17 Jan 2023 00:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17674

Actions (login required)

View Item View Item