Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Batik Tulis Prabulinggih Melalui Program Sosial Bank Indonesia Kantor Perwakilan Malang

Kholida, Nur Diana (2023) Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Batik Tulis Prabulinggih Melalui Program Sosial Bank Indonesia Kantor Perwakilan Malang. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq.

[img] Text
Nur Diana Kholida_E20182309.pdf

Download (4MB)

Abstract

Nur Diana Kholida, 2022: Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Batik Tulis Prabulinggih Melalui Program Sosial Bank Indonesia Kantor Perwakilan Malang.
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki perananan penting bagi perekonomian dan penyerapan tenaga kerja. Namun, pembiayaan dan pengembangan usaha masih menjadi persoalan yang paling sering mucul dalam pengembangan UMKM. Bank Indonesia berupaya mendorong pertumbuhan ekonomi melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI), upaya yang dilakukan oleh Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Malang untuk meningkatkan akses keuangan dan daya saing pelaku usaha dengan memberikan pelatihan, pedampingan, dan pemberian informasi.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka peneliti memfokuskan penelitian ini terhadap: (1) Bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh batik tulis Prabulinggih dalam meningkatkan omset penjualan. (2) Bagaimana perkembangan batik tulis Prabulinggih sebelum dan sesudah menjadi mitra binaan Bank Indonesia. (3) Bagaimana Peran Bank Indonesia dalam meningkatkan omset penjualan batik tulis Prabulinggih
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh batik tulis Prabulinggih dalam meningkatkan omset penjualan. (2) Mengetahui perkembangan batik tulis Prabulinggih sebelum dan sesudah menjadi mitra binaan Bank Indonesia. (3) Mengetahui Peran Bank Indonesia dalam meningkatkan omset penjualan batik tulis Prabulinggih.
Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Strategi pemasaran batik tulis Prabulinggih menggunakan strategi bauran pemasaran atau marketing mix 4P yaitu product, price, place, promotion, serta menerapkan promotion mix yaitu periklanan, promosi penjualan, penjualan perseorangan, dan publisitas sebagai strategi promosi. (2) Perkembangan usaha batik tulis Prabulinggih sebelum dan sesudah menjadi mitra binaan Bank Indonesia dalam meningkatkan omset penjualan kain batik mengalami peningkatan, yakni pada awal berdiri hanya dapat menjual 50 potong kain batik, sedangkan sekarang dapat menjual 300 potong kain batik bahkan lebih pada setiap bulan. (3) Peran Bank Indonesia dalam meningkatkan omset penjualan batik tulis Prabulinggih pada bidang pemasaran, bidang sumber daya manusia, dan bidang bantuan teknis.
Kata Kunci : Pemberdayaan, UMKM, Program Sosial Bank Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nur Diana Kholida
Date Deposited: 18 Jan 2023 03:06
Last Modified: 18 Jan 2023 03:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17688

Actions (login required)

View Item View Item