PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN TOILET TRAINING PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI BRANJANGAN JEMBER

Mega Rofikhotul Azizah, Sinta (2023) PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN TOILET TRAINING PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI BRANJANGAN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SINTA MEGA ROFIKHOTUL AZIZAH_D20185053.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sinta Mega Rofikhotul Azizah, 2022: Peranan Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian “Toilet Training“ Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Di SLB Negeri Branjangan Jember

Kata Kunci : Kemandirian, Toilet Training, Tunagrahita

Anak berkebutuhan khusus tunagrahita adalah anak dengan keterbatasan pada intelegensinya dan membutuhkan bantuan sepenuhnya serta kurangnya kemandirian anak, seperti saat menggunakan toilet sehingga dibutuhkanya program pembelajaran kemandirian toilet training yang akan mengajarkan kepada anak bagaimana cara merawat diri dengan baik dan mandiri.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana peranan guru dalam meningkatkan kemandirian “toilet training“ pada anak berkebutuhan khusus tunagrahita di SLB Negeri Branjangan Jember ?.2) Faktor – faktor pendukung dalam meningkatkan kemandirian “toilet training“ pada anak berkebutuhan khusus tunagrahita Di SLB Negeri Branjangan Jember ?
Tujuan dari penelitian ini adalah Mendeskripsikan peranan guru dalam meingkatkan Kemandirian “Toilet Training“ Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Di SLB Negeri Branjangan Jember, menjelaskan faktor – faktor pendukung dalam meningkatkan kemandirian “toilet training“ pada anak berkebutuhan khusus tunagrahita Di SLB Negeri Branjangan Jember.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kulaitatif dengan jenis deskriptif dengan menggunakn teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bertempat di SLB Negeri Branjangan Jember. Analisis data dalam skripsi ini menggunakan data Collection, Reduksi Data, Display Data, Conclusion & Verification. Verifikasi Data dalam penelitian ini menggunakan Triangulasi teknik dan sumber.
Hasil dari penelitian ini adalah peranan guru dalam meningkatkan kemandirian dengan memberikan hadiah atau reward dan hukuman/ punishment kepada anak tunagrahita agar anak memiliki motivasi untuk terus maju dan berkembang, faktor – faktor pendukung kemandirian toilet training yakni adanya fasilitas yang memadai, dukungan dan pengertian dari orang tua, adanya kesiapan fisik dari sang anak , adanya kesiapan psikologis anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Depositing User: Nn. Sinta mega Rofikhotul azizah
Date Deposited: 17 Jan 2023 07:17
Last Modified: 17 Jan 2023 07:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17693

Actions (login required)

View Item View Item