MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2022-2023

Siraj, Muhammad Agiel (2023) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2022-2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiyai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
MUHAMMAD AGIEL SIRAJ_T20183105.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata kunci : Manajemen Kesiswaan, Kedisiplinan Siswa.
Dalam setiap lembaga pendidikan manajemen kesiswaan berfungsi untuk mendidik dan mengatur tentang berbagi permasalahan para siswa. Demi meningkatkan kedisiplinan para siswa, lembaga menggunakan beberapa upaya dalam mewujudkan hal tersebut yang di awasi oleh manajemen kesiswaan.
Fokus penelitian ini adalah Bagaimana Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, dan Pengawasan Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Probolinggo,.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan manajemen kesiswaan, mengetahui proses pengorganisasian manajemen kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa, apa saja pelaksanaan manajemen kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa, serta mendeskripsikan pengawasan manajemen kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana dengan melakukan: Kondensasi data, Penyajian data, kesimpulan, penarikan data/verifikasi. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah Perencanaan Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di madrasah terlaksana dengan melibatkan kepala sekolah, kesiswaan, guru serta karyawan dalam membentuk tata tertib, analisis kebutuhan siswa, dan penerimaan peserta didik baru. Pengorganisasian Manajemen Kesiswaan di madrasah dilaksanakan melalui pembagian tugas kepada anggota organisasi. Pelaksanaan Manajemen Kesiswaan di madrasah dilaksanakan dalam bentuk kegiatan pembinaan ekstrakurikuler, pembinaan dengan melalui program kesiswaan. Pengawasan Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di madrasah dilakukan dengan cara rekapitulasi tingkah laku siswa oleh kepala sekolah, kesiswaan, para guru dan staff di dalam rapat dan membahas tentang kenaikan kelas serta kelulusan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Siraj Muhammad Agiel
Date Deposited: 16 Jan 2023 07:50
Last Modified: 16 Jan 2023 07:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17705

Actions (login required)

View Item View Item