Hadis poligami perspektif Yusuf Al-Qardhawi (Studi Ma'anil Hadis)

Ifah, Hudaifah (2023) Hadis poligami perspektif Yusuf Al-Qardhawi (Studi Ma'anil Hadis). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI hudaifah fix WTM.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hudaifah, 2023. Hadis Poligami Perspektif Yusuf AL-Qardhawi (Studi Ma’anil Hadis)
Penulis membahas dalam permasalahan ini ialah karena Yusuf al-Qardhawi menetapkan syarat bagi suami yang melakukan poligami bahwa suami yang berkeyakinan penuh untuk berlaku adil terhadap istri-istrinya, baik tentang soal makannya, minum, pakaian,rumahnya, tempat tidurnya maupun nafkahnya. Siapa yang tidak mampu melakukan keadilan maka ia tidak boleh kawin lebih dari seorang. karena itulah penulis ingin mengkaji apa yang telah melatar belakangi pendapat Yusuf al-Qardhawi tersebut.
Fokus masalah dalam penelitian ini: (1) Bagaimana hadis-hadis tentang poligami? (2) Bagaimana pemaknaan Yusuf Al-Qardhawi tentang hadis-hadis poligami? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana hadis-hadis tentang poligami. (2) Untuk mengetahui bagaimana pemaknaan Yusuf Al-Qardhawi tentang hadis-hadis poligami.
Dalam penelitian ini. Penulis menggunakan penelitian tipe by type pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan penelitian (libraries research) yaitu tehnik pengumpulan data yang berasal dari data Metode yang digunakan adalah dokumenter, yaitu mengumpulkan informasi dari subernya tentang buku-buku yang berkaitan dengan penelitian ini dan juga tentang penulisnya dengan metode Ma’anil Hadis.
Berdasarkan kajian dan analisis peneliti terhadap permasalahan yang ada dinyatakan dalam skripsi ini dapat disimpulkan bahwa hukum poligami ini diperbolehkan (Mubah), adapun syarat yang ditetapkan oleh yusuf al-Qardhawi untuk poligami yaitu hak dan kewajibannya terpenuhi secara merata. Yuusuf al-Qardhawi memakmanai hadis tentang poligami dengan sebuah kebolehan bagi laki-laki yang mampu berbuat adil serta memenuhi hak dan tanggung jawabannya kepada masing-masing istrinya.

Kata Kunci: hadis poligami perspektif yusuf al-Qardhawi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Hadits
Depositing User: Miss Perpustakaan Hudaifah
Date Deposited: 18 Jan 2023 01:07
Last Modified: 18 Jan 2023 01:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17719

Actions (login required)

View Item View Item