SEJARAH MASJID NURUL HUDA DAN PERANNYA DALAM MEWUJUDKAN INTEGRASI SOSIAL MASYARAKAT KOTEGHEL BONDOWOSO (2008-2013)

Ario Rafni, Kusairi (2023) SEJARAH MASJID NURUL HUDA DAN PERANNYA DALAM MEWUJUDKAN INTEGRASI SOSIAL MASYARAKAT KOTEGHEL BONDOWOSO (2008-2013). Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
Ario Rafni Kusairi_U20184030.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Ario Rafni Kusairi 2022, Sejarah Masjid Nurul Huda dan Perannya dalam Mewujudkan Integrasi Sosial Masyarakat Koteghel Bondowoso (2008-2013).
Penelitian ini meneliti tentang Masjid Nurul Huda yang terletak di daerah Koteghel. Koteghel adalah penyebutan Dusun Koanyar Desa Kapuran, Dusun Karang Anyar Desa Sumber Kalong dan Dusun Karang Malang Desa Pasarejo. Penyebutan Koteghel pada daerah ini didasari atas kondisi geografis yang berdekatan antar tiga dusun serta dikelilingi oleh kawasan persawahan atau tegalan. Selain kondisi geografis, masyarakat Koteghel juga dipersatukan oleh Masjid Nurul Huda yang diwakafkan oleh Ji Mardan pada tahun 1951, yang mana masjid ini menjadi pusat keagamaan masyarakat Koteghel.
Dalam penelitian ini, fokus utama adalah terletak pada peranan Masjid Nurul Huda sebagai penguat integrasi sosial masyarakat Koteghel, pada saat Masjid Nurul Huda direnovasi yang melibatkan seluruh elemen masyarakat Koteghel pada tahun 2010 hingga 2012. Rumusan masalah pada penelitian ini, yakni: 1. Bagaimana gambaran umum masyarakat dan Wilayah Koteghel? 2. Bagaimana sejarah singkat berdirinya Masjid Nurul Huda serta perkembangannya? 3. Bagaimana peranan Masjid Nurul Huda dalam mewujudkan integrasi sosial masyarakat Koteghel?
Dari rumusan masalah tersebut, peneliti menggunakan pendekatan sosial yang bertujuan untuk meneropong pihak-pihak yang memiliki pengaruh terhadap suatu wilayah, baik individu maupun kelompok. Dengan berbekal teori integrasi sosial, yang menjelaskan bahwa integrasi sosial terbentuk usai selesainya masalah hingga mewujudkan adanya persatuan. Untuk mendukung pendekatan dan teori yang dipakai, peneliti mengkaji data yang berupa sumber lisan, yang berasal dari keteranga-keterangan dari narasumber yang memiliki informasi penting terhadap objek penelitian.
Penelitian ini menghasilkan pembahasan tentang peranan Masjid Nurul Huda di Koteghel dalam mewujudkan integrasi sosial pada tahun 2012. Pada akhir tahun 1990-an, di Koteghel tumbuh dua kelompok sosial yang tidak memiliki hubungan yang harmonis. Hubungan yang sudah berlangsung bertahun-tahun ini mulai reda, dan saling berangkulan dan bersatu pada peristiwa renovasi Masjid Nurul Huda pada tahun 2010 hingga 2012. Yang didasari atas kepentingan bersama dalam merenovasi rumah ibadah, yang melibatkan seluruh elemen masyarakat Koteghel, tanpa saling pandang bulu.
Kata kunci: Peranan masjid, integrasi sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2102 Curatorial and Related Studies > 210299 Curatorial and Related Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Ario Rafni Kusairi
Date Deposited: 17 Jan 2023 04:06
Last Modified: 17 Jan 2023 04:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17720

Actions (login required)

View Item View Item