TERAPI REALITAS DALAM MENGURANGI STRESS SANTRI BARU DI PONDOK PESANTREN BUSTANUL ULUM BULUGADING LANGKAP BANGSALSARI JEMBER

Lutfiatun, Ningsih (2023) TERAPI REALITAS DALAM MENGURANGI STRESS SANTRI BARU DI PONDOK PESANTREN BUSTANUL ULUM BULUGADING LANGKAP BANGSALSARI JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
LUTFIATUN NINGSIH_D20183019.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Lutfiatun Ningsih, 2022: Terapi Realitas Dalam Mengurangi Stress Santri Baru Di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Bulugading Langkap Bangsalsari Jember
Kata kunci: stress, santri, terapi realitas
Stress merupakan sebuah keadaan yang dialami seseorang ketika terdapat ketidaksesuaian antara tuntutan-tuntutan yang diterima dan kemampuan untuk mengatasinya. Adapun salah satu treatment atau cara dalam menangani permasalahan tersebut menggunakan terapi realitas yang sudah dianggap efektif dalam mengurangi stress.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana stress yang alami pada santri baru di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Bulugading Langkap Bangsalsari Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan terapi realitas dalam menangani stress pada santri baru di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Bulugading Langkap Bangsalsari Jember? 3) Apa saja kendala dan pendukung pelaksanaan terapi realitas pada santri baru di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Bulugading Langkap Bangsalsari Jember?.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan stress yang terjadi pada santri baru di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Bulugading Langkap Bangsalsari Jember. 2) mendeskripsikan persiapan, pelaksanaan serta hasil dari penerapan terapi realitas dalam mengurangi stress yang dialami santri baru di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Bulugading Langkap Bangsalsari Jember. 3) mendeskripsikan faktor kendala dan faktor pendukung dalam menerapkan terapi realitas pada santri baru Pondok Pesantren Bustanul Ulum Bulugading Langkap Bangsalsari Jember.
Dalam mengidentifikasi masalah tersebut, peneliti menggunakan metode kualitatif deksriptif dengan jenis penelitian fenemenologi. Dimana akan menganalisis proses pelaksanaan dari terapi realitas yang akan di terapkan kepada santri baru. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi serta dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) santri yang masih baru mengalami gejala stress diantaranya: gejala demam, nafsu makan berkurang dan insomnia. 2) proses pelaksanaan terapi realitas terdapat delapan tahapan yaitu konselor melibatkan diri secara langsung dengan konseli, memfokuskan pada tingkah laku saat ini, mengeksplorasi seluruh tingkah laku konseli, menilai diri sendiri dan melakukan evaluasi, merancang tindakan yang bertanggung jawab, membuat komitmen atau janji, tidak menerima permintaan maaf atau alasan apapun dari konseli dan tindak lanjut. 3) faktor kendala yaitu waktu pelaksanaan terapi realitas bersamaan dengan jam kiriman santri, faktor pendukung yaitu membantu santri baru menyelesaikan permasalahannya secara mandiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Stress, santri, terapi realitas
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences > 170299 Cognitive Sciences not elsewhere classified
Depositing User: Lutfiatun Ningsih Rosyid
Date Deposited: 18 Jan 2023 00:08
Last Modified: 18 Jan 2023 00:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17724

Actions (login required)

View Item View Item