Fadilah, Nurul (2022) Penerapan pembelajaran matematika dengan bantuan media tanggamatika pada materi satuan panjang di kelas III madrasah ibtidaiyah unggulan nuris Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Nurul Fadilah_T20184040.pdf Download (4MB) |
Abstract
Di MI "Unggulan" Nuris tepatnya di kelas III A dan V A merupakan kelas yang menerapkan media tanggamatika pada pembelajaran matematika materi satuan panjang. Penerapan media tanggamatika di kelas V A ternyata membuat materi satuan panjang yang dipelajari menjadi semakin mudah dan menyenangkan. Sebab itu kemudian peneliti melakukan penelitian terkait penerapan media tanggamatika di kelas III A dengan fokus : 1) bagaimana penerapan pembelajaran matematika dengan bantuan media tanggamatika pada materi satuan panjang di kelas III A MI Unggulan Nuris Jember; 2) bagaimana faktor pendukung dan penghambat penerapan pembelajaran matematika dengan bantuan media tanggamatika pada materi satuan panjang di kelas III A MI Unggulan Nuris Jember. Dengan tujuan 1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran matematika dengan bantuan media tanggamatika pada materi satuan panjang di kelas III A MI Unggulan Nuris Jember; 2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan pembelajaran matematika dengan bantuan media tanggamatika pada materi satuan panjang di kelas III A MI Unggulan Nuris Jember. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif jenis narative research. Penentuan subjeknya purposive, subjeknya meliputi : kepala madrasah, wali kelas III A, siswa kelas III A MI Unggulan Nuris Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif oleh Miles, Huberman, dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Tahap awal guru melakukan perencanaan dengan menyusun perangkat pembelajaran, selanjutnya tahap pelaksanaan guru menggunakan bantuan media tanggamatika dalam pembelajaran materi satuan panjang. Untuk tahap evaluasi guru menilai pemahaman siswa melalui kegiatan tes. 2) Faktor pendukung berupa antusiasme siswa ketika belajar dengan bantuan media dan penerapan media pembelajaran visual yang sederhana. Faktor penghambatnya berupa siswa yang belum bisa mengoperasikan bilangan ribuan dan siswa yang kesulitan mengoperasikan perkalian atau pembagian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nurul Fadilah |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 01:40 |
Last Modified: | 18 Jan 2023 01:40 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17727 |
Actions (login required)
View Item |