STUDI ANALISIS ETIKA KOMUNIKASI DI MEDIA SOSIAL DALAM SURAH AL-HUJURAT PERSPEKTIF MUSTHOFA AL-MARAGHI

Shilvydiny, Akmalia (2023) STUDI ANALISIS ETIKA KOMUNIKASI DI MEDIA SOSIAL DALAM SURAH AL-HUJURAT PERSPEKTIF MUSTHOFA AL-MARAGHI. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
Shilvyddiny Akmalia_U20181001.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Shilvyddiny Akmalia, 2022: Studi Analisis Etika Komunikasi di Media Sosial dalam Surah Al-Hujurat Perspektif Musthofa Al-Maraghi
Etika dapat membawa manusia kepada tingkah laku yang baik, sikap bertanggung jawab, menjunjung tinggi nilai kehidupan dan mengedepankan rasa kemanusiaan. Manusia merupakan makhluk yang berkomunikasi. Komunikasi dapat menembus faktor ruang dan waktu, yakni seseorang yang terlibat dalam komunikasi tidak harus hadir pada waktu serta tempat yang sama karena adanya berbagai produk teknologi komunikasi, seperti telepon, whatsApp, dan lainnya. Etika komunikasi di zaman modern ini sangat diperlukan, apalagi manusia lebih mengutamakan teknologi dalam berkomunikasi, dan banyak sekali tindakan amoral yang menyebabkan kepekaan sosial pada seseorang hilang. Sebab itu umat Islam diharuskan untuk bijak dan memahami literasi yang berkenaan dengan etika komunikasi di media sosial, sebagaimana dalam surat al-Hujurat ayat 6-13. Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana etika bermedia sosial menurut surat al-hujurat ayat 6-13 menurut pandangan Musthofa al-Maraghi?. 2) Apa relevansi dengan budaya komunikasi yang ada di media sosial?. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui, memahami, menganalisis dan mendeskripsikan: 1) Etika bermedia sosial menurut surat al-hujurat ayat 6-13 menurut pandangan Musthofa al-Maraghi. 2) Relevansi dengan budaya komunikasi yang ada di media sosial.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis kepustakaan (libary reseach). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, yang terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primernya adalah Q.S. al-Hujurat pada ayat 6-13, sedangkan data sekundernya menggunakan sumber-sumber yang relevan dengan penelitian ini, baik berupa buku-buku, jurnal, atau referensi lain serta kitab tafsir yakni, Tafsir al-Maraghi. Kemudian, teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis metode tafsir tahlili, yakni berusaha menjelaskan etika komunikasi di media sosial dalam surat al-Hujurat ayat 6-13 dari redaksi tafsir.
Pada penelitian ini penulis memperoleh kesimpulan bahwa, Surat al-Hujurat ayat 6-13 menjelaskan bahwa, Allah telah melarang semua umat manusia menyebarkan berita yang belum tentu benar kejelasannya, tindakan dzalim lainnya. Karena sisi negatif adanya media sosial adalah tindakan amoral yang dilakukan penggunanya seperti: penyebaran hoaks, bullying, gaslaghting dan body shaming. Sedangkan sisi positifnya dalah membantu per-ekonomian masyarakat, tetapi dalam bisnis juga diperlukan etika. Maka etika dalam komunikasi di media sosial ini sangat penting sekali, karena setiap perbuatan baik maupun buruk, akan kembali pada diri seseorang yang mengerjakan perbuatan tersebut.
Kata kunci: Etika Komunikasi, Media Sosial, Surah al-Hujurat, Musthofa al-Maraghi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Shilvy ddiny Akmalia
Date Deposited: 18 Jan 2023 00:57
Last Modified: 18 Jan 2023 00:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17733

Actions (login required)

View Item View Item