BIMBINGAN KONSELING OLEH GURU BK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT BAGI SISWA PEMAIN GAME ONLINE KELAS XII SMK MINQOTHROTUL ULUM GUMUKMAS

Faridhatul, Ulumiyah (2023) BIMBINGAN KONSELING OLEH GURU BK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT BAGI SISWA PEMAIN GAME ONLINE KELAS XII SMK MINQOTHROTUL ULUM GUMUKMAS. Undergraduate thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
FARIDHATUL ULUMIYAH - D20183027.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Bimbingan Konseling, Teknik Self Management, Game Online

Permainan daring (dalam jaringan), atau lebih dikenal dengan bahasa inggris game online juga berperan penting dalam persebaran jumlah pengguna internet di dunia, khususnya di Indonesia. Permainan daring ini dalam penjelasannya merupakan jenis permainan komputer yang memanfaatkan jaringan komputer. Jaringan yang biasanya digunakan adalah jaringan internet dan yang sejenisnya serta selalu menggunakan teknologi yang ada saat ini, seperti modem dan koneksi kabel.
Fokus masalah dalam penelitin ini adalah, 1) Bagaimana bimbingan konseling oleh guru BK dengan teknik self management bagi siswa pemain game online kelas XII SMK MINQothrotul Ulum Gumukmas? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam bimbingan konseling oleh guru BK dengan teknik self management bagi siswa pemain game online kelas XII SMK MINQothrotul Ulum Gumukmas?. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui bimbingan konseling oleh guru BK dengan teknik self management bagi siswa pemain game online kelas XII SMK MINQothrotul Ulum Gumukmas. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam bimbingan konseling oleh Guru BK dengan teknik self management bagi siswa pemain game online kelas XII SMK MINQothrotul Ulum Gumukmas.
Pendekatan penelitian ini metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil penelitian ini adalah : 1) Bimbingan konseling oleh guru BK dengan teknik self management ini berupa menulis schedule kegiatan siswa. Dimana dalam penulisan schedule kegiatan ini mempunyai tingkat keberhasilan dalam mengurangi siswa pemain game online kelas XII SMK MINQothrotul Ulum Gumukmas. 2) Faktor pendukung bimbingan konseling oleh guru BK dengan teknik self management dalam menangani siswa pemain game online kelas XII berasal dari guru BK yang semangat dalam menangani siswa tersebut. Guru BK disini sebagai konselor sekaligus fasilitator siswa. Sedangkan faktor penghambat bimbingan konseling oleh guru BK dengan teknik self management disebabkan beberapa faktor yaitu, terjadi penolakan oleh siswa sebelum dilaksanakannya proses konseling, siswa memiliki karakter yang berbeda-beda yang menyebabkan beberapa siswa tidak mau untuk melakukan konseling, dan ada beberapa siswa yang tidak menulis schedule kegiatan dengan alasan malas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Depositing User: Ms Perpustakaan Faridhatul Ulumiyah
Date Deposited: 18 Jan 2023 01:12
Last Modified: 18 Jan 2023 01:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17737

Actions (login required)

View Item View Item