IMPLEMENTASI PERATURAN JAMINAN PRODUK HALAL BERDASARKAN UU NO. 33 TAHUN 2014 TENTANG JAMINAN PRODUK HALAL TERHADAP PENGGUNA KOSMETIK PADA MAHASISWA FAKULTAS SYARIAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER

Sartika, Siti Umi (2022) IMPLEMENTASI PERATURAN JAMINAN PRODUK HALAL BERDASARKAN UU NO. 33 TAHUN 2014 TENTANG JAMINAN PRODUK HALAL TERHADAP PENGGUNA KOSMETIK PADA MAHASISWA FAKULTAS SYARIAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
fix TIKA SK.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Siti Umi Sartika, Dr. Busriyanti, M.Ag,2022: Implementasi Peraturan Jaminan Produk Halal Berdasarkan Uu No. 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal Terhadap Pengguna Kosmetik Pada Mahasiswa Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember)
Indonesia memiliki Undang-Undang Nomor 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal yang diundangkan pada tanggal 17 Oktober 2014. Adanya Undang-Undang ini bertujuan untuk memberikan perlindungan, kenyamanan, keamanan, keselamatan, dan kepastian bagi konsumen dalam mengonsumsi dan menggunakan produk halal. Produk Halal itu sendiri adalah produk yang dinyatakan halal sesuai dengan syariat Islam. Kehalalan barang yang dikonsumsi merupakan sebuah keharusan dan mengharuskan adanya peraturan perlindungannya. Dalam ajaran Al-Quran (kitab suci agama Islam), seorang muslim diwajibkan mengonsumsi sesuatu yang halal, baik itu makanan maupun minuman. Hal ini terlihat dalam firman Allah Al-Qur’an Surah Al-Baqarah: 168, 172-173, Al-Maidah: 1-5, AlAn’am: 121, dan sejumlah ayat lainnya.
Fokus penelitian yang dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana pemahaman mahasiswa Fakultas Syariah UIN KHAS Jember terhadap jaminan produk halal dalam kosmetik ?. 2) Bagaimana pelaksanaan ketaatan terhadap peraturan jaminan produk halal pada mahasiswa pengguna kosmetik di lingkungan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember ?.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pemahaman mahasiswa Fakultas Syariah UIN KHAS Jember terhadap jaminan produk halal dalam kosmetik. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan ketaatan terhadap peraturan jaminan produk halal pada mahasiswa pengguna kosmetik di lingkungan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.
. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini ialah Mahasiswa Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengumpulan data, teknis yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan keabsahan data yang digunakan ialah triangulasi data, dan member cek.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut : 1) bahwasanya pemahaman mahasiswa Fakultas Syariah terhadap jaminan produk halal dalam kosmetik diantaranya : memiliki izin edar dari BPOM, tidak menyebabkan iritasi atau reaksi alergi kulit, kemasan masih dalam keadaan baik, memiliki tanggal produksi dan kedaluwarsa, tidak mengandung merkuri, timbal, atau bahan kimia berbahaya, dan. memiliki label kemasan dan komposisi yang jelas. unsur dalam mempertimbangkan pengguna untuk membeli produk kosemtik secara online diantaranya yaitu: kecocokan pada produk yang sudah digunakan, terdapat pengaruh eksternal dari sales yang mengeluarkan banyak macam iklan dan promosi, informasi teman yang sama-sama menggunakan produk kosmetik tersebut, dan yang terakhir terdapat banyak diskon. 2) Alasan menggunakan kosmetik berlabel halal, Sumber informasi halal. Terkait hal tersebut pengguna lebih cenderng memahami dari internet atau searching di google, dan Atribut Kosmetik halal. Jadi terkait pelaksanaan ketaatan terhadap peraturan jaminan produk halal pada mahasiswa pengguna kosmetik di lingkungan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti Sebagian besar Mahasiswa Fakultas Syariah lebih memilih produk halal dari pada non halal meskipun produk tersebut menjamin keamanannya.

Kata Kunci: Jaminan Produk Halal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180119 Law and Society
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: SITI UMI SARTIKA
Date Deposited: 17 Jan 2023 01:21
Last Modified: 17 Jan 2023 01:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17743

Actions (login required)

View Item View Item