Penerapan Nilai-nilai Keislaman Melalui Kultur Nahdlatul Ulama di SMK As Syafi'i Rambipuji

Ilmia, Siti Lailatul (2022) Penerapan Nilai-nilai Keislaman Melalui Kultur Nahdlatul Ulama di SMK As Syafi'i Rambipuji. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI LAILATUL ILMIA_T20181304.pdf

Download (2MB)

Abstract

Siti Lailatul Ilmia,2022:Penerapan Nilai-nilai Keislaman Melalui Kultur
Nahdlatul Ulama di SMK As Syafi’i Rambipuji
Kata Kunci : Penerapan, Nilai-nilai Keislaman, Kultur Nahdlatul Ulama.
Tidak dapat dipungkiri, tatantangan lembaga pendidikan hari ini sangat
komplek.Lebih-lebih lembaga pendidikan yang lebih mengfokuskan kepada
jurusan. Salah satunya SMK As Syafi’I. Hari ini muncul beberapa golongan
ektrim yang mengatasnamakan agama islam. Namun secara pemikiran dan
tindakan jauh dari nilai-nilai yang terkandung dalam agama islam. Hal tersebut
terjadi karena pemikiran sempit terkait agama dan sasaran yang paling digencar
adalah para remaja yang mudah untuk didokrin.Sehingga terjadi kekerasan,
vandalisme dan hilangnya rasa kemanusiaan. Permasalahan ini cukup menjadi
permasalahan serius dalam dunia pendidikan. Sehingga upaya-upayaharus
dilakukan oleh para masyarakat lembaga sekolah dan mengantisipasi melalui
pembiasaan dan penerapan nilai keagamaan yang bisa dilaksanakan di sekolah
secara merata terhadap seluruh siswa.Oleh karena itu, pendidikan dan penanaman
nilai-nilai keislam melalui kultur nahdlatul ulama diharapkan mampu membentuk
remaja yangmemiliki nilai-nilai keislaman sesuai tujuan pendidikan nasional dan
tidak bertentangan dengan Undang-undang, Pancasila dan nilai islam sebenarnya.
Fokus penelitian pada dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana
penerapan nilai-nilai keislaman melalui kultur Nahdlatul Ulama’ di SMK AsSyafi’i Rambipuji. 2) Bagaimana evaluasi penerapan nilai-nilai keislaman melalui
kultur Nahdlatul Ulama’ di SMK As-Syafi’i Rambipuji.
Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif Deskriptif dengan jenis
penelitian Field Reseacrh dan subjek penelitiandalam penelitian ini diambil secara
Purposive Sampling, metode pengumpulan data yang digunakan yaitu Obervasi,
Wawancara terstruktur dan dokumentasi dengan menganalisis data secara
deskriptif-kualitatif (Kondensasi data, Penyajian data, Penarikan kesimpulan). Uji
keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data yang terdiri
dari triangulasi sumber, triangulasi teknik/metode dan juga triangulasi waktu.
Adapun hasil dari penelitian ini berupa penerapan nilai-nilai keislaman
melalui kultur Nahdlatul Ulama’ yaitu : 1). Penerapan Nilai Keislaman melalui
:a). Proses Penerapan Nilai Aqidah yaitu melalui kegiatan Intrakurikuler,
Kurikuler dan Ekstrakurikuler.b). Proses penerapan Nilai Akhlak yaitu melalui
pembiasaan praktik hasil pembelajaran seperti mencium tangan guru ketika di
lingkungan sekolah, pembiasaan mencium tangan orang tua ketika akan berangkat
sekolah dan pulang sekolah, menghormati dan menghargai orang lain, sopan
dalam belajar. c). Proses penerapan Nilai Syari’at yaitu melalui kegiatan rutin
sekolah dimana kegiatan Sholat berjama’ah, diba’, manaqib, wiridan, membaca
tawassul, berdoa ketika akan memulai pembelajaran dan mengakhiri
pembelajaran, berdo’a setiap melaksanakan kegiatan dan seusai kegiatan dijadikan
kultur dan budaya disekolah. 2). Evaluasi Penerapan Nilai Keislaman 3 poin yaitu
: a). Evaluasi PenerapanNilai Aqidah. 2). Evaluasi Penerapan Nilai Akhlak
Evaluasi Penerapan Nilai Syariat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Lailatul ilmia Siti Lailatul Ilmia
Date Deposited: 18 Jan 2023 06:18
Last Modified: 18 Jan 2023 06:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17752

Actions (login required)

View Item View Item