Penerapan Metode Poster Comment pada Pembelajaran Tematik kelas III di MI Miftahul Huda Banjar Licin Banyuwangi tahun Pelajaran 2022/2023.

Ibnatul, Islah (2022) Penerapan Metode Poster Comment pada Pembelajaran Tematik kelas III di MI Miftahul Huda Banjar Licin Banyuwangi tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
IBNATUL ISLAH - T20184071 - PGMI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Poster Comment, Pembelajaran Tematik
MI Miftahul Huda merupakan salah satu sekolah yang menggunakan metode Poster Comment pada pembelajaran Tematik. Metode poster comment adalah metode yang dimana peserta didik didorong untuk mengungkapkan pendapatnya secara lisan tentang gambar atau poster. Dengan adanya penggunaan metode tersebut dapat menciptakan pembelajaran yang aktif, efektif dan menyenangkan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana penerapan Metode Poster Comment pada Pembelajaran Tematik kelas III di MI Miftahul Huda Banjar Licin Banyuwangi tahun Pelajaran 2022/2023? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat Metode Poster Comment pada Pembelajaran Tematik kelas III di MI Miftahul Huda Banjar Licin Banyuwangi tahun Pelajaran 2022/2023?
Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mendeskripsikan penerapan Metode Poster Comment pada Pembelajaran Tematik kelas III di MI Miftahul Huda Banjar Licin Banyuwangi tahun Pelajaran 2022/2023. 2) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat Metode Poster Comment pada Pembelajaran Tematik kelas III di MI Miftahul Huda Banjar Licin Banyuwangi tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles Huberman dan Saldana yakni kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data dalam peneitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini: 1) Penerapan metode Poster Comment pada pembelajaran Tematik kelas III di MI Miftahul Huda Banjar Licin Banyuwangi tahun Pelajaran 2022/2023 yaitu Perencanaan metode poster comment dengan menyiapkan materi, metode dan RPP, Pelaksanaan metode Poster Comment meliputi guru menempelkan poster comment ke papan tulis. guru meminta siswa untuk mengamati poster. siswa diminta memberikan komentar tentang poster. siswa diminta memberikan solusi berkaitan dengan poster. Evaluasi metode Poster Comment yaitu tes dan non tes. Teknik penilaian dilakukan dengan Ranah kognitif, afektif dan Psikomotorik. 2) Faktor pendukung dan penghambat Metode Poster Comment pada Pembelajaran Tematik kelas III di MI Miftahul Huda Banjar Licin Banyuwangi tahun Pelajaran 2022/2023 yaitu Faktor pendukung: mudah diterapkan dan memudahkan siswa memahami materi, menarik perhatian siswa dan membuat siswa aktif saat pembelajaran. Faktor penghambat siswa yang kurang memahami materi tidak bisa mengomentari gambar lebih lebih lanjut, siswa yang kurang fokus saat pembelajaran sehingga mengganggu siswa lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs ISLAH IBNATUL
Date Deposited: 20 Jan 2023 09:45
Last Modified: 20 Jan 2023 09:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17758

Actions (login required)

View Item View Item