Qusyairi, Achmad Hasby (2023) Aktualisasi Hadis-Hadis memilih Guru Ideal dalam Proses Pembelajaran menurut Tokoh Masyarakat desa Sepanjang kecamatan Glenmore kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
HASBY SKRIPSI WTM LENGKAP.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Achmad Hasby Qusyairi, 2022: AKTUALISASI HADIS-HADIS MEMILIH GURU IDEAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN MENURUT TOKOH MASYARAKAT DESA SEPANJANG KECAMATAN GLENMORE KABUPATEN BANYUWANGI
Di era yang serba digital, ilmu begitu mudah didapatkan. Banyak muncul pendakwah-pedakwah baru yang tidak jelas asal keilmuannya tetapi begitu banyak digemari oleh kaum awam. Perkara ini begitu penting untuk diluruskan, agar tidak banyak tersebar faham-faham yang salah. Tokoh masyarakat menjadi tali untuk memahamkan masyarakat akan pentingnya memilih guru yang baik dan benar, agar tidak salah mengambil ilmu, tentunya dengan dasar yang jelas, yakni Kalam dan hadis.
Adapun rumusan masalahnya dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana pemahaman tokoh dan masyarakat Sepanjang Glenmore tentang hadis-hadis pentingnya memilih guru?, 2) Bagaimana aktualisasi memilih guru dalam praktek mencari ilmu dalam kehidupan masyarakat Sepanjang Glenmore?. Adapun penelitian ini dilakukan dalam rangka mendeskripsikan pemahaman tokoh masyarakat desa Sepanjang tentang hadis-hadis memilih guru ideal dan juga aktualisasi guru ideal dalam proses pembelajaran.
Adapun metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan lapangan, yang penulis dapatkan dari beberapa wawancara dengan tokoh masyarakat desa Sepanjang agar sesuai dengan tujuan dan fokus penelitian, yakni memahami secara komprehensif mengenai pemahaman tokoh masyarakat desa Sepanjang terhadap hadis-hadis memilih guru ideal. Dalam membahas dan menelaah data peneliti menggunakan metode Living Hadis.
Mengenai hasil dari penelitian ini berdasarkan pemahaman tokoh masyarakat desa Sepanjang tentang hadis-hadis memilih guru ideal, bahwasanya memilih guru adalah sebuah keharusan yang menjadi penting agar ilmu yang didapatkan oleh peserta didik berkualitas dan jelas keilmuannya, sehingga tidak memunculkan ilmu-ilmu yang salah atau sesat. Guru yang ideal yakni yang memiliki kompetensi, bijaksana, berakhlak, serta mengamalkan ilmunya. Seorang guru yang ideal dalam proses pembelajaran harus menunjukkan sikap yang baik, berperilaku adil, memberikan contoh yang baik kepada muridnya, mengarahkan ketika murid berjalan dijalan yang salah serta melaksanakan apa yang telah ia ajarkan sebelum ia ajarkan.
Kata Kunci: Aktualisasi, Guru Ideal, Tokoh Masyarakat, Desa Sepanjang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2202 History and Philosophy of Specific Fields > 220208 History and Philosophy of the Social Sciences 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Hadits |
Depositing User: | Mr. Perpustakaan Achmad Hasby Qusyairi |
Date Deposited: | 24 Jan 2023 07:10 |
Last Modified: | 24 Jan 2023 07:10 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17763 |
Actions (login required)
View Item |